Tombol HotKey FN Laptop Toshiba Portege T210 tidak berfungsi?

Teman-teman yang tersesat di blog ini mungkin pernah ya mengalami hal yang sama ya? *sotoy he.. Ya iyalah, masak masuk kesini iseng. Maap..maap..becanda :)

Ane merasakan kehilangan fungsi tombol FN pada saat ingin menurunkan brightness pada layar. Ketika menekan tombol FN+F6 pada laptop ehh tidak ada respon apa-apa.

Alhasil setelah browsing dengan bantuan om google dan kaskus (pastinya), ane cukup kesulitan menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pada Toshiba Portege T210. Ane pikir mungkin karena laptop ini masih tergolong anyar di keluarga Toshiba (walaupun saat ini sudah memasuki tahun 2012).

Yang perlu dicatat, masalah kehilangan fungsi tombol FN ini (berdasarkan hasil browsing ane) memang jamak terjadi pada laptop keluaran Toshiba. Entah mengapa??
Secara umum solusi yang diberikan teman2 blogger:

1. Download Common Modules untuk driver laptop atau komputer sesuai seri. Trus install
2. Download Hotkey Utilities. Install.

Tetapi khusus untuk laptop ane Toshiba Portege Seri T210 ini mengalami kendala di driver. Mau download di web Toshiba nya sendiri blom tersedia tuh. Kurang updet kali yak web nya. Mestinya kalau service memuaskan kan sudah di upload tuh driver.

Alhasil, kotak-katik di C. Ane menemukan solusi instan yang sangat tidak cerdas. Ha…namanya juga instan (mie kalee). Bisa teman-teman coba:

1. Buka partisi di Drive C dimana semua driver Toshiba terinstall (kalo di laptop ane C:\Program Files\Toshiba)

2. Tekan tombol U untuk langsung ke folder Utilities. Atau kalo ane langsung ketik C:\Program Files\Toshiba\Utilities (supaya kesannya lebih instan he..)

3. Cari file Application KeNotify. Jika OS laptopnya pake Win7, pilih jalankan sebagai admin (Run as Administrator).

4. Akan muncul pilihan Yes or No. Pilih Yes.

5. Insya Allah setelah itu fungsi FN akan sehat kembali.

Sekian sharing instan kali ini. Walaupun caranya sangat tidak cerdas, tetapi semoga bisa membawa manfaat. Aamiin.

2 gagasan untuk “Tombol HotKey FN Laptop Toshiba Portege T210 tidak berfungsi?

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 470 pengikut lainnya.

