💢 Cerdas Uang 💢

Oleh Fitra Jaya Saleh

Tulisan pagi ini agak Panjang sih,
Tapi cocok bagi orang yang mau punya Mindset Kaya.

Kuliah subuh kita kali ini saya hantarkan dari Kota Serang, setelah istirahat yang cukup, Alhamdulillah pagi ini sudah segar kembali. Setelah 3hari terakhir tidurnya hanya 2jam setiap malam.

Jadi…. Konon KECERDASAN itu ada banyak sekali, ada KECERDASAN EMOSIONAL, ada juga Kecerdasan Intelektual, ada pula KEcerdasan Spiritual, dan masih banyak lagi kecerdasan yang lain…

kita sudah sering dengar tentang IQ, EQ, SQ… namun subuh ini, saya akan mengajarkan tentang prinsip dasar KECERDASAN FINANSIAL… Penting buat yang mau punya banyak Uang

Apaan itu KECERDASAN FINANSIAL ?

Tentu saja, ini bukan semacam makanan yang terbuat dari Tepung dan isinya pisang hee….

Katanya ni, kalau orang yang IQ nya tinggi maka dia Pinter, mampu mengingat banyak hal, dan bisa membedakan satu benda dengan benda yang lain dengan baik…. Pinter.

kalau EQ nya tinggi, maka dia Dewasa, secara Emosi akan stabil…. mungkin bahasa kita orang yang EQ nya tinggi orang yang Bijaksana lah kira kira 😊😊😁

Sedangkan kalau SQ nya tinggi, ini orang yang tingkat spiritualnya baik… ibadah2 nya baik, pemahaman agamanya baik, dan lain2nya….

tapi sekali lagi apa itu kecerdasan Finansial?

Mungkin ketika mendengarnya, kita akan mengira bahwa KECERDASAN FINANSIAL berbicara tentang UANG…

kenyataannya Tidak, Kecerdasan Finansial berbicara tentang ORANG

Bahasa mudahnya, Orang2 yang mampu memahami cara kerja UANG dan membuat UANG nya dari sedikit menjadi banyak… mereka memiliki KECERDASAN FINANSIAL tinggi.

kalau kita punya KECERDASAN FINANSIAL tinggi….maka, simple nya, kita bisa dengan mudah menjadi orang KAYA 😀

MAsalahnya adalah,…. KECERDASAN FINANSIAL ini tidak diajarkan di sekolah

jadi jangan heran bin kaget kalau Banyak orang yang tidak sekolah tapi KAYA….

kalau orang tidak sekolah tapi IQ nya rendah, EQ nya rendah, SQ nya rendah…. mungkin banyak…

tapi Kecerdasan Finansial tidak diajarkan di sekolah…

kalau mau KAYA, belajarnya bukan di sekolah…

Kecerdasan Finansial itu bisa diasah dan dipelajari, dimana kita belajarnya?

dalam kehidupan sehari-hari…….dari buku2 keuangan, dari melakukan bisnis, dari seminar2…dll

tapi tidak di sekolah pada umumnya.

Subuh ini saya menyampaikan beberapa PRINSIP dasar ketika kita belajar KECERDASAN FINANSIAL, hal hal mudah… tapi mungkin sering kita lupakan…

Untuk cerdas finansial,…

  1. Tergantung dari Kemampuan membedakan KONSUMSI dan PRODUKSI…

Secara sederhana, dalam aktivitas ekonomi ada 3 aktivitas yang kita ketahui. ada Produksi, distribusi dan juga konsumsi.

kadang ada juga yang mengatakan hanya Produksi dan Konsumsi… sedangkan distribusi menjadi bagian dari PRoduksi. apa beda nya?

kegiatan produksi dan distribusi adalah kegiatan yang memberikan nilai tambah terhadap sebuah produk..

sedangkan kegiatan konsumsi adalah aktivitas menghabiskan nilai dari suatu produk….

untuk meninggikan kemampuan finansial kita, maka kita harus bisa dengan jelas membedakan mana aktivitas produktif dan mana konsumtif.

Tindakan kita sehari-hari, yang bersifat mengeluarkan uang, dapat dikategorikan ke dalam dua jenis; produktif atau konsumtif

Cobalah membuat daftar 50 hal yang biasa Anda lakukan setiap hari. Pilah kegiatan-kegiatan tersebut menjadi aktivitas produksi atau konsumsi.

Yang termasuk kegiatan konsumsi a.l. memakai mobil ke mal, makan, beli cemilan, membeli pulsa, bayar service kendaraan, membayar rekening listrik, beli baju, membayar angsuran rumah yang ditempati keluarga, dan lain-lain

Sementara itu yang termasuk kegiatan produktif a.l. bekerja di kantor, menjadi perantara jual-beli mobil bekas, mengerjakan script-writing/tulisan/desain grafis yang dipesan klien, membeli mobil (untuk disewakan), dll.

coba kita list aktivitas harian kita….daaaannn….

Jangan kaget, 90% item kegiatan kita sehari-hari adalah aktifitas konsumtif. Tetapi tidak mengapa, bukan itu poinnya..

Yang penting bagi kita adalah mempertimbangkan kembali setiap item kegiatan konsumtif. Benarkah uang layak dikeluarkan ?

Mengapa harus ikut fitness yang tarifnya Rp 2 juta sebulan, kalau ada alternatif lain yang hanya Rp 25 ribu sekali datang ? Mengapa harus membeli baju seharga Rp 500 ribu kalau ada pilihan lain dengan harga seperlimanya ?

orang yang cerdas Finansial, cerdas dalam mengeluarkan uangnya. tahu ini konsumtif dan produktif

kenapa orang menjadi miskin? karena secara tidak cerdas, menghabiskan lebih dari 60% uangnya setiap bulan untuk konsumtif…

kalau nda percaya, coba kita cek… untuk apa uang kita habis? tadi sudah saya beri contoh diatas pengeluaran produktif dan konsumtif

Cepat2 deh di bedah pengeluaran kita masing2… dan temukan, kalau besar konsumtif, maka kita akan susah jadi orang kaya… kita harus merubah pola pengeluaran 😊😊

bukan masalah berapa besar penghasilan kita. tapi seberapa besar untuk konsumtif dan seberapa besar untuk produktif.

kalau banyak konsumtif….. siap siap…. miskin nya akan Lama hee…

tapi kalau sudah lebih banyak yang produktif, maka segera akan menjadi lebih besar….

Sederhana, tapi pengaruhnya sangat besar. Kebanyakan kita tidak memperhatikan dan menghitung untuk apa saja uangnya keluar

  1. Cerdas keuangan tergantung dari Kemampuan membedakan, mana aset kita dan mana beban/hutang kita.

sekali lagi kemampuan ini yang bisa membuat kita menjadi Kaya, atau miskin

yang kedua adalah kemampuan membedakan semua benda yang kita miliki skrg atau nanti, apakah itu adalah aset….? ataukah beban? atau hutang?

untuk memudahkan pembahasan ini, saya akan memberikan definisi dari ketiganya dulu biar mudah difahami 😊

Aset adalah semua sumberdaya (semua hal, berupa benda terlihat atau tidak, yang kita miliki) yang bisa mendatangkan uang masuk kedalam kantong kita…. ini aset.

Inget, semua yang membuat kita dapat uang, dimasa depan adalah aset.

contoh, saya punya sebuah HP yang digunakan untuk jualan, nyari uang. maka karena HP ini bisa mendatangkan uang kedalam kantong saya, maka HP yang saya pakai sehari2 untuk jualan ini aset.

motor yang kita pakai untuk kerja, laptop yang kita pakai untuk jualan online, dan semua hal yang bisa mendatangkan uang kepada kita adalah aset…

dalam bisnis aset bisa dalam bentuk apa saja…. yang penting bisa mendatangkan uang bagi kita….

lalu Hutang, adalah kewajiban yang membuat kita harus mengeluarkan uang dimasa akan datang itu HUTANG namanya

contoh HUTANG…… HP baru yang dibeli secara kredit… itu HUTANG.. dalam bentuk HP.

oh….jadi HP bisa jadi aset, bisa jadi hutang ya? iyap…. kalau belum lunas dia adalah HUTANG

misal RUMAH…. kalau saya punya RUMAH, ini ASET atau HUTANG?

tergantung, RUMAH nya sudah lunas belum? kalau belum lunas namanya HUTANG. kalau belum lunas, belum jadi aset saya rumah nya. masih jadi aset BANK, yang jika sewaktu waktu saya tidak bayar HUTANG nya, BANK bisa mengambil kembali aset ini..

jadi kalau ada yang baru beli RUMAH nyicil 10 tahun… jangan bilang ” Wahai orang orang, ini aset saya…..” eh, maaf bu, itu seharusnya “wahai orang-orang…ini HUTANG saya” 😀

terakhir BEBAN, adalah semua hal yang membuat kita mengeluarkan uang setiap kita pakai

Misal kalau saya punya MOTOR, yang tidak dipakai untuk NYARI UANG, tapi sudah LUNAS jadi milik saya, hanya dipakai untuk jalan jalan saja…. maka motor ini adalah BEBAN

si motor tidak memberikan kita pemasukan (bukan aset) tidak juga kita harus nyicicil (bukan hutang), tapi kita harus mengeluarkan uang untuk memakainya…merawatnya… maka ini BEBAN.

Hidup kita, semakin banyak HUTANG dan BEBAN…. semakin sulitlah kehidupan kita.

Tapi sebaliknya, kalau semakin banyak aset maka semakin kaya

Maka pastikan kita hidup nya selalu perbanyak Aset

dengan memahami ini…. kita mengetahui mana aset, hutang dan beban.. kita akan dewasa didalam belanja….

mengeluarkan uang untuk memperbanyak aset akan lebih baik, sebelum mengeluarkan uang, tanya ke diri kita, ini untuk aset atau beban? jangan sampai yang ditambah itu hutang…

aset tidak ada, hutang bertambah banyak…ini gaswat

semakin pandai kita mengelola pengeluaran untuk menambah aset, akan semakin bagus masa depan kita selanjutnya. ada orang, yang suka dapat uang sedikit, buat uang muka barang mewah agar terlihat wah diatara yang lain… namun setiap bulan harus mencicil hingga menggigil… ini tidak baik… jangan ditiru ya…. kalau sudah terlanjut, cepatlah insaf 😁

coba lihat, ada banyak contoh, ibu2 hanya jualan cabe di pasar, tapi karena niat mau naik haji nya KUAT SEKALI…. maka untung berapapun ditabung, tidak boros.,..akhirnya uang nya selalu habis…

menabung itu bukan masalah BESAR atau KECIL penghasilan kita, tapi itu tentang TUJUAN KEUANGAN kita ada atau tidak ☺

coba niat nabung deh untuk sesuatu, maka uang yang didapat pasti tidak akan mudah keluar dengan begitu saja…hee….

PERBAIKI HUTANG kita, dikecilkan…… dan perbanyak ASET yang mendatangkan uang kepada kita…

Misal dalam bisnis OL, Reseller atau member adalah ASET kita semua.. maka jangan sampai kita kehilangan.. Mereka mendatangkan uang

jangan menambah banyak BEBAN ya, hidup akan semakin susah. BEBAN itu misal barang2 yang tidak memberikan manfaat ekonomi, tidak mendatangkan UANG, tapi kita untuk merawatnya harus mengeluarkan uang.

Orang yang Kecerdasan FINANSIAL nya tinggi itu …. semuanya bisa jadi aset di jual oleh dia 😁

orang yang Pemahaman keuangannya bagus, ketika melihat seekor ayam, maka dia akan melihat peluang bisa membuat peternakan ayam…

orang yang pemahaman keuangannya tidak bagus, melihat seekor ayam, maka dia akan membayangkan betapa nikmatnya daging ayam kalau di bakar ditambah kecap 😂

cara pandangnya sudah beda kalau kita memiliki kecerdasan keuangan dan tidak…

pointnya adalah, dalam mengeluarkan uang, perbanyak aset.. perbanyak hal yang bisa mendatangkan uang kepada kita seperti reseller misalnya dalam bisnis raihan, Lalu PERKECIL HUTANG…kalau bisa dihindari…jangan ditambah…. dan kurangi BEBAN…..

Kita benahi

Selamat mencoba dan Salam Sukses.

💢 Kiyai Coach FJS 💢

Makan Gudeg Tengah Malem. Antriannya WOW.

>> VIDEO REVIEW LENGKAP MAKAN GUDEG TENGAH MALEM. ANTRIANNYA WOW. ADA TIPSNYA LOH (LINK)

Bukan hal yang mengherankan di Gudeg Bromo Bu Tekluk ini. Tonton sampai habis dan subscribe ya… Gudeg Bromo Bu Tekluk ini terkenal karena waktu bukanya di malam hari, yaitu mulai pukul 23.00 – 05.00 WIB dan antriannya yang panjang. Rasanya?? Duh, enak nya pake banget. Gudeg yang dominan manis ini disulap menjadi bernuansa manis pedas menggoda. Untuk lidah sumatera seperti saya, rasa ini sangat memanjakan lidah pastinya.

Berlokasi di jalan Gejayan (Affandi) 2C Mrican, Yogyakarta Gudeg Bromo ini menjadi salah satu legenda di dunia pergudeg-an Jogja sejak tahun 1984. Bahkan ibu Sukijo dalam salah satu wawancara di OKE FOOD NET TV mengatakan beliau memulai jualan gudeg sejak tahun 1982 dan lokasinya persis sama dengan lokasi yang sekarang ditempati. Nama “tekluk” sendiri merupakan panggilan yang diberikan pelanggan karena ketika berjualan, bu sukijo sampai terkantuk-kantuk melayani pelanggan hingga kepalanya teklak teluk haaaa.

Krecek yang menjadi salah satu icon gudeg (selain sayur nangka yang utama) yang digunakan di gudeg bromo ini spesial. Menggunakan krecek dari kulit kerbau, menjadikan kreceknya tidak mudah hancur dan lebih kenyal. Ayam yang dipakai juga merupakan ayam pejantan pilihan dan dimasak lama sehingga sangat empuk saat dimakan. Sama sekali ga ada alot-alotnya gaes.

HARGA

Mengenai harga sih relatif tergantung pilihan lauk yang kita ambil. Harga mulai dari 15 ribu, 20 ribu, 25 ribu, bahkan paket lengkap bisa sampai 50 ribuan. Ada banyak jenis bagian ayam, dan lauk pendamping disini. Dan dijamin membuat kalap haaaa entah karena efek abis mengantri lama atau emang laper mata.

TIPS

Ada dua tips untuk makan gudeg bromo bu tekluk ini. Pertama, datang lebih awal sebelum jam buka. Idealnya sebelum jam 10 malam agar antrian masih sepi dan belum mengular panjang. Saya sendiri bahkan antri dari lampu warungnya belum dipasang haaa. Tips kedua yaitu pilih lauk yang akan dimakan dengan bijak karena pilihan lauk menentukan harga. Pokoknya kalau ke Jogja nyari kuliner khas di malam hari, wajib mampir ke Gudeg Bromo Bu Tekluk Gejayan yaaa.

LINK VIDEO LENGKAPNYA >> https://youtu.be/StCGWzWNuh0

#GudegBromo #GudegBuTekluk #KulinerJogja

Subscribe Channel Youtube: bit.ly/vlogreni untuk video kuliner dan jalan-jalan lainnya

Follow IG: @reni.triasari

———————–

Recorded by: Samsung S9+ Edited with: Adobe Premiere Pro CC

gudeg jogja,kuliner jogja,gudeg bromo bu tekluk,gudeg bromo harga,gudeg bromo jalan gejayan,gudeg bromo buka jam berapa,kuliner jogja malam,kuliner jogja hits,gudeg enak yogyakarta,kuliner jogja yang wajib dicoba,gudeg jogja paling enak,gudeg jogja asli,gudeg jogja terkenal,makan gudeg jogja,gudeg jogja tengah malam,vlog gudeg jogja,video pakai hp,vlog pakai hp

Ngen Away Mie Aceh, Rempahnya Pas

Mie Aceh sudah dikenal se-Indonesia Raya sebagai kuliner khas Aceh dengan rasa rempah yang kuat dan pedas. Tidak sulit mencari kuliner ini di luar provinsi asalnya. Uniknya di beberapa kedai mie aceh yang saya temui, peracik makanan dan minumannya semua adalah orang Aceh asli.

Mulai dari Bengkulu, Palembang, Lampung, Jakarta, semua yang saya sambangi orang dapurnya asli asal Aceh. Mungkin disitu letak citarasa mie aceh selalu terjaga, dimanapun makanan ini kita temui.

Kalau di Bengkulu dan Palembang, mie aceh favorit saya ada di Rumoh Atjeh (yang di Palembang adalah cabang dari Bengkulu). Nah… kalau di Lampung ada satu kedai favorit saya, yaitu Ngen Away.

Berlokasi di dekat stadion Pahoman, Bandar Lampung, kedai mie aceh ini kerap ramai menjadi tempat nongkrong anak-anak muda. Berada di lokasi strategis dan menyediakan fasilitas layar tancep (menggunakan infocus), kedai ini sering mengadakan acara nonton bareng pertandingan sepakbola.

Tetapi bukan itu alasan utama saya menjadi pengunjung setia kedai ini. Rasa mie acehnya yang lebih “light”, lebih ringan dibanding mie aceh yang biasa saya santap adalah koentjinya. Aroma dan rasa rempahnya masih terasa, tetapi tidak begitu dominan dan juga tak terlalu pedas. Justru dua hal ini yang membuat mie aceh disini lebih segar rasanya. Entah mengapa… apa mungkin pake daun g*nja hhahaaaa

Ini daftar menu makanan yang disajikan di kedai Ngen Away. Buka mulai sore hari hingga jam 10 malam, menu mie aceh tumis seafood menjadi andalan disini. Sayangnya, bahan baku cumi jarang sekali ada. Jadi seafoodnya hanya udang doang hiksss…

Untuk minuman, teh tarik green tea bisa jadi pilihan. Unik sih dan rasa green tea nya nendang. Menu kopi khas aceh yang sering saya pesan adalah kopi susu atau kopi sanger.

Harganya?? Sangat terjangkau dan standar menurut saya. Oiya, air kemasan gelasnya disini gratis hihiii lumayan untuk anak kost an. Selamat menikmati keragaman kuliner khas Indonesia. Jangan lupa baca doa.

————-

Subscribe channel youtube: bit.ly/vlogreni

Follow IG: @reni.triasari

Ada Batu Alien di Jeep Lava Tour Merapi Kaliurang

LAVA JEEP TOUR

CHECK IT OUT>> VIDEO REVIEW PALING LENGKAP JEEP LAVA TOUR MERAPI KALIURANG (LINK)

RVLOG bersama Reni kali ini berada di Cental Java tepatnya di kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kita akan mereview wisata merapi ini mulai dari penginapan hotel terdekat, harga hotel, harga sewa mobil jeep, objek wisata yang dikunjungi dan tips biar perjalanan liburannya makin SERU.

Pertama kita akan diajak berkeliling dan napak tilas daerah yang terkena dampak erupsi dan awan panas (wedhus gembel) Merapi di 26 Oktober 2010. Mas Drivernya ini merangkap sebagai tour guide nya kita loh gaes. Lalu kita mampir di rute terjauh Jeep Lava Tour Merapi yaitu Museum Sisa Hartaku. Museum ini merupakan rumah salah satu warga, yaitu Ibu Wati yang menjadi korban dahsyatnya erupsi Merapi kedua pada tanggal 5 November 2010. Disini ada tiga rumah yang dijadikan museum yang berisi barang rumah tangga, alat musik, pakaian, dan Al-Quran serta tasbih yang tidak hancur ketika terkena panasnya lahar dingin dan awan panas Merapi. Rumah utama sering dipakai untuk berkumpul dan berkesenian warga desa.

Lalu kita akan melihat Batu Alien. Batu alien ada batu besar hasil muntahan Merapi yang terlontar dan memiliki bentuk seperti muka manusia tetapi tidak sempurna, sehingga disebut Alien oleh warga sekitar. Disini kita bisa berfoto dengan batu-batu besar, melihat aliran lava di Kali Gendol yang berseberangan dengan desanya juru kunci Merapi, Mbah Maridjan. Mas Driver mengisahkan bagaimana letusan merapi dan kisah-kisah dibalik itu, termasuk menceritakan sosok Mbah Maridjan. Sugen tindak Mbah…

Ada juga The Lost World yang di dalamnya terdapat objek wisata Stonehenge (replika dari stonehenge di Inggris). Wisata ini sangat hits di kalangan anak muda dan VIRAL. Sayangnya karena dianggap tidak mengantongi izin dan berada di kawasan rawan bencana, wisata replika Stonehenge di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta ini terancam bakal ditutup gaes hiks…

Setelah lelah menelusuri jalan berbatu tajam sembari offroad menggunakan Jeep, kita akan berwisata sejarah lagi ke Bunker Kaliadem. Bunker merupakan tempat perlindungan bawah tanah sementara yang disiapkan ketika erupsi atau letusan Merapi terjadi. Di tahun 2006, bunker ini memakan korban akibat panas ekstrem awan panas yang mencapai 400 C. Sehingga dua orang relawan yang berlindung di dalam bunker ini meninggal akibat akibat suhu tinggi di dalam bunker yang mencapai 200 C. Hal ini diketahui setelah investigasi dan dilakukan evakuasi terhadap korban.

Bukan hanya melihat bunker, di Kaliadem kita WAJIB mencicipi Wedang Gedang di salah satu kedai yang berada disana. Wedang gedang ini merupakan minuman khas warga lereng Merapi yang diramu menggunakan cengkeh, gula aren, pandan, dan irisan pisang kepok. Dijamin cukup menghangatkan dan menambah energi pengunjung untuk menuju objek wisata selanjutnya. Di kedai ini juga dijual oleh-oleh khas Merapi seperti kopi, jahe kristal, gula aren, dan masih banyak lagi. Dibeli yaaa

Nah objek wisata pamungkas adalah Manuver Air Kali Kuning. Ini salah satu wisata favorit pengunjung Jeep Lava Tour Merapi. Merasakan sensasi offroad, cipratan air di tengah laju mobil Jeep ini memadukan adrenalin dan unsur fun di dalamnya. Jangan lupa persiapkan jas hujan atau baju ganti ya biar ga masuk angin. Khususnya buat pengunjung yang rute pertama wisatanya kesini. Bahaya soalnya bakal basah kuyup sampe ke dalem-dalem haaa.

Jeep Lava Tour Merapi yang saya ambil ini berdurasi setengah hari. Mulai berangkat setelah check in di Griya Persada Convention Hotel and Resort Kaliurang sekitar jam 1 siang lalu melanjutkan Tour hingga menjelang waktu maghrib. Pas banget ketika sampai di hotel udah mendekati adzan maghrib. Hotelnya deket dari tempat wisata, nyaman, asri, unik karena ada hewan dan tanaman yang saya belum pernah lihat sebelumnya. Room rate disini juga standar, bahkan termasuk murah jika kita datangnya lebih dari dua orang atau berkelompok. Sarapannya juga enak dan khas Jawa banget. Selain itu, paket wisata Jeep Lava Tourt Merapinya (lengkap) juga bisa langsung kita pesan dari hotel, penjemputan dan pengantaran ke bandara pun aman…

Jadi mau liburan edukasi sekaligus petualangan yang berkesan dan menyenangkan??? Jeep Lava Tour Merapi salah satunya

#JeepLavaTourMerapi #WisataEdukasi #WisataKaliurang

Subscribe channel youtubenya: bit.ly/vlogreni

Follow IG: @reni.triasari

——————–

Taken by using: Sony A6500 & GoPro Hero 5 Black

Edited by using: Adobe Premiere Pro CC

CHECK IT OUT>> VIDEO REVIEW PALING LENGKAP JEEP LAVA TOUR MERAPI KALIURANG (LINK)

Jika Kau Berada di Cerita yang Salah… Pergilah!

Kamu tau rasanya dibohongi oleh seseorang yang pernah nyakitin kamu sebelumnya?

Seseorang yang terlanjur kamu sayang dan udah dianggap keluarga. Nyakitin, ngejauhin, lalu kembali dengan berjuta sesal. Dan sekarang… berbohong dan bermain di belakang setelah percaya itu ada.

Kamu tau rasanya sakit hati? Menyayangi seseorang dan melewati banyak hal bersama lalu seketika sirna ketika ada cinta hadir di hatinya.

Keberadaan yang sebelumnya berarti menjadi sirna. Hanya menyisakan kenangan masa lalu dan tak berbekas…

Benang merahnya sama. Ketika hadirnya wanita dalam kehidupan seorang wanita. Kehadiran yang mengatasnamakan cinta. Entah kenapa hubungan cinta antar wanita itu penuh DRAMA!!! Posesif, sensitif, dan lebih menguras emosi.

Cemburu buta ketika pasangannya dekat dengan wanita yang sudah dianggap keluarga. Jangankan untuk bertemu… untuk menghubungi pun sangat sulit dan dibatasi. Karena apa? Karena dilarang sama pasangannya, menjaga perasannya, takut dia cemburu dan segudang alasan ini itu lainnya. Halah… PRETT!!!

Sorry, daripada jadi korban makan ati… mending, berlepas dari ini semua. One day jika dipertemukan dengan wanita model begini lagi, lebih baik stay away di awal. Karena kemungkinan besar ga akan loyal dalam persahabatan. Apalah sahabat, kakak, adek itu dibanding cinta. Orang tuanya aja dibohongin, apalagi orang lain yang ga sedarah.

HANYA JADI FRIENDS WITH BENEFIT AJA!!!

Tunggu aja waktunya dibohongin, dimanfaatin, dijauhin lalu dicampakkan. TOXIC!!!

Terlepas dari itu semua, ada rasa sedih ketika dipaksa berpisah karena keadaan. Kehilangan pasti. Bayangin aja dulu sedekat, sepeduli dan sepercaya apa. Lalu tiba-tiba sejauh, secuek dan sekhianat apa. Tega nutupin sesuatu padahal kejujuran dan keterbukaan itu hal mendasar dalam suatu hubungan.

Saat ini, loyalitas lebih bisa dipercaya dari sekadar kata yang pernah terucap. Loyalitas seorang manusia terhadap suatu hubungan dengan pembuktian memang butuh waktu. Sedang kata, ucapan yang hanya menjadi pemanis semu belaka. Tidak bisa dijadikan pegangan.

Hubungan pertemanan positif mampu menguatkan loyalitas. Energi positif, inspirasi, kebaikan, nasihat, dan hal baik lain adalah nilai utama dalam hubungan positif.

So, stay away from toxic and negative friends. Just keep in touch with valuable and positive friends.

*Catatan dari seseorang yang pernah disakiti dua orang wanita

Rahasia Sedapnya Cue Babeh Mangga Besar Jakarta

Sebagai anak kos seneng dong kalo diajakin makan gratis haaa. Malam itu bagai mendapat berkah karena ditraktir makan di tempat yang udah punya nama dan terkenal yaitu Warung Nasi Goreng dan Lalapan Babeh. Lokasinya di Jalan Raya Mangga Besar (persis di depan hotel Royal Regal). Warung makan ini sekilas terlihat biasa aja, malah lampunya pada malam hari agak remang-remang. Tapi pas liat ke dalamnya, wahhh ternyata rame banget yang antri makan disini.

Oiya, sebelum masuk ke dalam kita akan ketemu dengan penjual mangga gerobak. Penjualnya ramah loh dan saya merekomendasikan untuk beli mangganya. Karena apa? Mangganya itu padet, ga berair, dan yang pasti rasanya manis.

Memasuki bagian depan warung, terdapat beberapa gerobak dan penggorengan besar. Deretan ikan Cue terlihat menanti dengan manis untuk diolah menjadi beberapa menu istimewa. Selain cue, ada beberapa menu lain yang juga disajikan disini.

Melihat daftar menunya mengingatkan saya akan masakan rumahan. Menu rumahan yang dimasak sederhana tapi menggugah selera. Kali ini kita pesan menu yang direkomendasikan abang saya, yaitu cue tumis, kangkung tumis, cumi goreng bawang ditemani telor dadar, tahu, tempe dan sambal. Untuk minumnya kita pesan jeruk hangat. FYI, kita harus menunggu sekitar 35 menitan (bahkan bisa lebih) kalau pengunjung lagi rame kaya gini.

SEKILAS TENTANG CUE

Sambil menunggu pesanan selesai dimasak kita cerita sedikit tentang Cue yang jadi andalan disini. Cue sendiri merupakan hasil olahan ikan yang diawetkan dengan cara kombinasi penggaraman dan pemasakan (perebusan atau pengasapan). Di beberapa daerah ikan cue ini biasa disebut ikan pindang. Kenapa saya bilang di beberapa daerah? Karena kalau di Sumatera Selatan, Pindang merupakan olahan ikan segar yang dimasak menggunakan bumbu dapur dengan kombinasi rasa asam, manis, pedas dan gurih yang berasal dari kaldu ikan. Ada juga Pindang Serani khas Jepara dengan citarasa sedikit sama dengan pindang dari Sumatera Selatan. Cue sendiri biasanya dibuat dari jenis ikan-ikan pelagis seperti ikan layang, selar, lemuru, ikan kembung, tuna, cakalang, atau tongkol. Di Warung Babeh ini menggunakan cue tongkol ukuran sedang dengan rasa asin yang pas, malah cenderung ga berasa asin di lidah saya.

RASA

Setelah menunggu (agak) lama, akhirnya pesanan datang juga. Pertama kita cicipi dulu menu utamanya yaitu cue tumis. Hemm… rasa kuahnya pas, manis asin yang berimbang dan ga pedas. Saya malah terinspirasi untuk membuat tambahan cue tumis pedas mantap atau cue tumis HOT di daftar menu haaa. Rasa daging cue nya diluar dugaan sih, saya pikir agak asin ehhh ternyata ga asin sama sekali. Jadi aman buat penderita darah tinggi atau yang darahnya cenderung kental.

Kita beralih ke menu utama kedua yaitu cumi goreng bawang. Menggunakan cumi kering ukuran kecil (bukan cumi fresh) lalu dimasak bersama bawang goreng dalam jumlah yang waw dan irisan besar cabe merah, ibaratnya kita makan bawang goreng yang ada cumi berendam di dalamnya. Kayaknya lebih pas dinamain Bawang Goreng Cumi di menunya hihihi… tapi rasanyaaaaaa enak loh. Garingnya bawang goreng berpadu dengan gurihnya cumi itu pas banget.

Lalu kita cobain kangkung tumisnya yang berwarna hijau segar. Masaknya pas banget, warna, tekstur, dan rasa kangkungnya oke. Telur dadar nya tebel dan ga berasa micin-able. Karena biasanya kalo beli telur dadar di beberapa tempat itu berasa micin-able banget. Tempe sama tahunya dipotong-potong ukuran one or two bites nih idenya oke sih. Jadi bisa buat lauk makan, bisa juga untuk cemilan. Sambelnya enak, walau menurut saya ga yang istimewa banget. Penggunaan terasinya pas.

Dari dua menu utama yang dipesan (cue tumis dan cumi goreng bawang), menurut saya rahasia masakan di Warung Nasi Goreng dan Lalapan Babeh ini ada di penggunaan bawang merahnya. Penggunaan bawang merah yang ga pelit ini menjadi penyedap rasa tersendiri bagi masakannya.

HARGA

Kalau dibandingkan dengan warung pecel lele pinggir jalan sih harga disini agak sedikit lebih mahal. Untuk seporsi cue tumis, dua nasi putih, dan dua teh manis bisa merogoh kocek sekitar 70 ribuan. Porsi cue nya gede loh, bisa untuk 3-4 orang dan porsi nasinya juga sedang menurut saya. Sesuai sih antara harga dengan kelezatan cita rasa masakannya. WORTH IT.

Nah… buat temen-temen yang ingin kesini, warung Babeh ini buka dari jam 10 siang sampai jam 3 tengah malem loh. Kalau pagi menjelang siang, nasi goreng jadi andalan disini, mulai siang ke malem cue nya mulai deh beraksi menggoyang lidah. Dan disini tuh, rame terus yang makan jadi harus rela antri dan menunggu proses masak yang (agak) lama. Oiya, mengingat kawasan ini dikenal dengan “keramahan” malamnya jadi disarankan buat kaum hawa kalau datang di malam hari bersama teman-teman ya. Selamat menikmati kuliner citarasa Indonesia guys…

Alamat Warung Nasi Goreng dan Lalapan Babeh

  • Jl. Mangga Besar 8, Taman Sari, Jakarta Barat
  • Jl. Gunung Sahari Raya, Lokasari Flyover Kemayoran

Ini Mie Otentik Bangka, Kuah Tenggirinya SUEGERRR!!!

Sekilas mie otentik Bangka ini keliatan mirip sama mie ayam ya. Tapi… cobain deh sesendok dlu kuahnya, pasti ada sensasi aneh yang terasa di lidah. Mungkin bagi yang kurang suka ikan, rasa amis ikan yang agak menghilangkan semangat untuk menyantap mie ini. Eits… jangan khawatir ada tips nya supaya rasa amisnya berganti dengan rasa segar yang tiada tara haaaaa…

Sebelum diulas lebih lanjut, kenalan dulu yuk dengan makanan khas Bangka ini. Namanya Mie Koba. Dari beberapa sumber yang dibaca, sejak abad ke-19, menyantap mie menjadi budaya yang tak terpisahkan dari keseharian masyarakat Bangka. Kebiasaan ini tak lepas dari kepiawaian warga Bangka keturunan Tiongkok dalam mengolah mie. Bangka dikenal juga dengan tambang timahnya, disela-sela waktu istirahatnya para pekerja tambang ini biasanya menyantap mie sehingga menjadi kebiasaan yang turun temurun.

Kenapa namanya Mie Koba? Denger-denger sih… nama Koba ini diberikan secara spontan oleh Bupati Bangka Tengah saat itu. Ceritanya begini, setelah otonomi daerah, Bangka Tengah menjadi Kabupaten mandiri. Pameran-pameran digalakkan pemerintah sebagai bentuk promosi wisatanya. Iskandar, salah seorang penjual mie di Koba (nama kecamatan di Bangka Tengah), kerap diundang untuk menyuguhkan mie buatannya kepada para pengunjung. Respon yang baik dari penikmat kuliner ini memunculkan nama “Koba” yang akhirnya dipakai sebagai nama Mie legendaris ini. Terlebih, warung mie milik Iskandar yang pertama ada juga terdapat di Koba.

Sekarang kita ulas yuk mie Koba Iskandar yang berada di pusat kota Pangkal Pinang. Warung mie ini merupakan cabang dari yang ada di Koba. Alamat lengkapnya bisa cekidot di gmaps guys…

Mie Koba Iskandar

Gedung Nasional, Taman Sari, Gedung Nasional, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684

0812-7842-7777

https://g.co/kgs/xm9Sme

Lokasinya di pinggir jalan, tempatnya sih B aja kaya warung bakso mie ayam pinggir jalan. Jadi ini rumah biasa yang di depannya dikasih meja dan kursi. Fyi, kata orang sini sih… di Bangka ini tempat bagus ga jaminan di rasa makanannya hihiihiii. Warung mie Pak Iskandar yang terkenal di Koba aja ya begitu-begitu aja, tapi tiap orang yang datang dari luar kota tetap aja nyariin dan makan disana.

Balik lagi ke warung mie Koba Iskandar di Pangkal Pinang ya… kebetulan kesini pas bulan ramadan, jadi baru bisa nyicipin malam hari. Pas dateng, sepi sih cuma berdua langsung pesan lalu voilaaaaa mie koba hangat sudah terhidang di depan mata. Cicipin dlu rasa originalnya, rasanya manis, sedikit aromatik rempah, dan dominan rasa kaldu ikan segar yang terasa.

Agak aneh karena biasanya mie ayam itu rasa gurih yang dominan. Ternyata ini kuahnya dibuat pakai kaldu dari ikan tenggiri segar ditambah bumbu rempah. Disadur dari laman website masdede.com, kuah kaldu ikan tenggirinya ini diproses secara tradisional. Ikan yang dibeli dari pasar dibersihkan, direbus sampai matang, didinginkan, dan dibersihkan dari kulit dan duri-durinya. Daging ikan tadi ditumbuk sampai benar-benar halus, kemudian ditumis dengan berbagai ramuan bumbu.

Menurut salah satu karyawan Mie Koba, Pipit, rahasia Mie Koba ada pada kuah yang tidak bau amis ikan tenggiri dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kaldu tersebut. “Kami pakai banyak rempah-rempah loh mas. Seperti kayu manis, pala, cengkeh, ketumbar, kembang pala dan gula aren asli. Selain melezatkan, racikan bumbu tersebut mampu menghilangkan dan mengusir bau amis ikan,” katanya.

Ternyata warna coklat pada kuahnya berasal dari gula aren, pantesan manis ya. Yang spesial juga mie nya dibuat khusus dengan ukuran yang lebih tipis dan lebih mudah diseruput. Hemm… di awal artikel saya punya tips kan ya buat penikmat kuliner yang kurang suka aroma kaldu ikan yang kuat. Rahasianya ada di tambahan jeruk kunci (jeruk limau) dan sambal yang akan membuat kuah mie Koba makin SPESIAL karena rasanya menjadi SUEGERRR banget. Seriusssss.

Oiya, setelah disiram dengan kuah ikan tenggiri, mie Koba ini ditambahkan juga bawang goreng dan daun seledri diatasnya (beberapa warung ada yang nambahin kecambah). Untuk pelengkapnya ada jeruk kunci, sambal, dan kecap plus telur rebus. Harga nya juga murmer dengan porsi yang sedang menurut saya. Untuk harga mie koba nya sendiri Rp. 12.000, kalau kita pakai telur rebus harganya jadi Rp. 15.000. Kalau biasa makan mie ayam dengan porsi agak gede sih dijamin bakal nambah lagi pesan mie koba nya satu mangkok haaaa. Karena porsi sedang itu nanggung menurut saya.

Jadi kalo teman-teman main ke Bangka wajib nyobain Mie Koba ini ya. Mie legendaris, penuh historis, minimalis, dan ga buat kantong tipis

Salam

IG: @reni.palembang

Twitter: @reni_palembang

Carilah Sahabat Setia

Syaikh DR. Sulaiman Ar-Ruhaili Hafidzahullahu :

Diantara ucapan hikmah Imam Syafi’i rahimahullah adalah ucapan beliau :

“Selayaknya bagi seseorang untuk berantusias dalam mencari sahabat yang setia dan jujur. Sebagaimana dia berantusias dalam mencari orang yang amanah dan terpercaya dalam menyimpan barang titipannya..”

Ini adalah landasan penting sekali dalam mencari sahabat.
Ketika engkau memiliki sahabat maka engkau memberitahukan kepadanya apa yang ada dalam dirimu dan engkau mengabarkan kepadanya tentang privasimu serta engkau mendekatkan dirinya kepadamu.

Maka selayaknya engkau memilih dari orang-orang yang setia dan jujur. Karena sahabat yang setia seandainya terjadi sesuatu (perselisihan) antara dirimu dengannya, maka dia akan menutupi apa yang dia ketahui tentang dirimu.

Adapun sahabat yang tidak setia meskipun engkau bersahabat dengannya bertahun-tahun dan dia mengetahui rahasia-rahasiamu lebih dari keluargamu sendiri maka ketika terjadi sesuatu antara dirimu dan dengannya maka dia akan menyebarkan rahasia-rahasiamu.

Hal ini sangat menonjol di zaman now terutama dengan adanya media sosial.

Sahabat yang baik dia akan setia kepadamu. Jika dia melihat darimu sesuatu yang jelek/salah darimu maka dia akan menasihatimu dan memberitahukannya kepada dirimu.

Adapun sahabat yang kadzdzab/pendusta (serigala berbulu domba) maka dia tampakkan yang manis-manis kepadamu padahal dibalik itu dia berbuat jelek kepadamu.

Inilah hikmah yang selayaknya kita pegang erat dengan gigi geraham kita.

Semoga kita bukan bersahabat yang hanya berkumpul sesekali utk bercerita kesana kemari, ketawa haha hihi tetapi lebih dari itu saling mengingatkan dalam kebenaran, saling menyemangati dalam perbaikan, berlomba dalam kebaikan, sehingga kita akan di kumpulkan sebaik baik tempat berkumpul… di syurga Nya kelak. Aamiin

Taken from ig ihsanridwan

Earthquake Survivor Meets His Hero

Selalu ada hikmah di setiap peristiwa
.
Rizki, anak laki-laki asal Sulawesi ini berjuang untuk bangkit dan survive setelah reruntuhan bangunan akibat Tsunami dan Gempa mengurungnya beberapa bulan lalu
.
Atas kebaikan seorang reviewer BBC, ia diundang ke Inggris bersama sang Bapak. Sebelumnya, ia dikirimin video spesial dari pesepakbola favoritnya; Riyad Mahrez dan jersey asli bertanda tangan
.
Terbang sejauh 7000 miles, di depan 54.000 penonton di Etihad Stadium dia digandeng Bernardo Silva masuk ke lapangan. Pertandingan Home terakhir Man. City di depan fans nya
.
What a priceless moment when we’ve achieved our dreams after surviving from Tsunami and finally comes true
.
Thank you… so touchy for me as Indonesian and also Man city fans. It brings hope for every children all over the world to survive and achieve their dreams 💙

Memori Usang

  
Siang itu… Aku iseng memutar acak playlist di aplikasi smartphone. Deg. Detak jantungku seketika itu berjeda, mataku terpejam sambil menikmati lintasan kenangan. Lembar demi lembar. Ya… lagu yang dulu sering kamu perdengarkan, mengalun lembut melalui headset biru yang terpasang di telingaku.


“Ku tak masalah bila terkena hujan. 

Tapi aku takut kamu kedinginan. 

Kita sadar ingin bersama. 

Tapi tak bisa apa-apa…”

Lirik demi lirik bermakna yang beberapa menit mengantarkanku pada romantisme masa lalu. Romantisme yang terkikis dan aku yakin perlahan akan pudar dengan sendirinya. Berharap melupakan, mengenyahkan… toh sudah ada yang menggantikan.

Sekadar memori usang yang awalnya membahagiakan, ujungnya menyakitkan. Berharap semua akan berakhir baik-baik saja, karena kita sadar tak bisa apa-apa. Sama seperti lirik lagu kesukaanmu.

Tetapi ketika kehadiran sosok lain di posisi seperti yang selama ini kamu harapkan, semua menjadi sirna, lenyap tak bermakna, tapi berbekas…