Bawel yang berprinsip

Maaf ya kalo aku suka bawel mulai dari hal kecil, sampe diskusi-diskusi kita yang saling keras kepala. Dua manusia keras kepala.

Nanti ketika sudah lebih banyak pengalaman hidupnya, lebih bijak dalam berpikir dan bertindak, kamu tau apa yang aku bilang prinsip itu ya prinsip, sikap ya sikap.

Butuh waktu, pengetahuan, dan pemahaman utk menemukan prinsip dan menetapkan sikap. Itulah yang membuatnya layak untuk dihargai. Tetapi tanpa meniadakan masukan dari orang lain.

Mendengarkan orang lain itu bagian dari menurunkan egoisme dan obat bagi keras kepala. Tidak sulit, just listen… Tapi tidak mudah.

Pacu diri untuk menjadi manusia yang lebih baik dari hari sebelumnya. Kita ga tau sampe kapan dikasih waktu untuk hidup di dunia. Rugi kalo ga dipake buat ngumpulin pahala. Ibadah itu wajib, soalnya yang pertama dihisab kan sholat dan ibadah-ibadah sunnah lain sebagai penyempurna.

Yang ga kalah penting ngumpulin pahala dari kebaikan demi kebaikan yang kita lakukan, untuk diri sendiri maupun orang lain. Bahagiain orang lain, saling menasehati dalam kebenaran dan sabar, ahh terlalu banyak hal baik yang bisa kita lakukan dalam hidup.

Tanpa sadar itu semua prinsip. Prinsip kita dalam hidup: mau jadi baik atau buruk, mau jadi penebar manfaat atau orang yang ngejalanin hidup hanya sekedar untuk hidup. Mau jadi lebih atau ala kadarnya. Itu pilihan… Dan itu prinsip… Itu sikap.

Iklan

One thought on “Bawel yang berprinsip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s