Nomaden? No Worries, Mate

image

Inget ga pas jaman belajar sejarah di sekolah dengan istilah: “Nomaden”? Inget dong… ya dong… *maksa* haaa. Secara ringkas nomaden itu merupakan aktifitas berpindah dari satu tempat ke tempat lain (tidak menetap). CMIIW, karena itu berdasarkan ingatan diriku sebagai insan yang kerap khilaf dan lupa XD

Nomaden ini ternyata bukan hanya dilakonin manusia purba di masa lalu. Masa kini pun ternyata aktifitas nomaden balik lagi dilakonin manusia modern. Bener ga guys?

Menurut saya nih…

Kalo dulu, nomaden dilakonin oleh manusia purba karena faktor keterbatasan. Misal: keterbatasan bahan pangan, keamanan (gangguan dari hewan, suku lain), bahkan faktor lingkungan (bencana alam).

Masa kini nomaden cenderung dijalani karena keadaan dan didukung oleh teknologi yang ada. Sekarang ini kita hidup dimana migrasi bisa dilakukan begitu cepat dan dinamis. Ada pesawat, kereta, kapal laut, infrastruktur jalan yang mendukung mobilitas kita untuk lebih cepat berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Nah… saya termasuk pelaku Nomaden yang disebabkan keadaan. Tuntutan hidup dan tuntutan profesi yang menyebabkan saya menjadi manusia purba yang hidup di masa kini haaa.

Walaupun ini kebiasaan manusia purba dulu… tapi nomaden punya keuntungan sendiri loh. Salah satunya adalah, kita bisa kenal dengan orang-orang baru. Terus juga, kita bisa mendapatkan pengalaman kerja, bersosialisasi serta adaptasi yang lebih banyak.

Termasuklah hari ini…
Saya kembali dipertemukan dengan orang baru. Senang rasanya dikasih kesempatan oleh Tuhan bertemu dengan orang-orang profesional dan berdedikasi di bidangnya. Orang-orang yang bekerja di balik layar dengan segenap hati, yang layak disebut saudara. Memperjuangkan kebaikan tanpa pamrih. Membangun peradaban masa kini untuk masa depan.

Semoga Allah selalu meridhoi proyek peradaban ini, memberikan keberkahan di seluruh sendinya, menaburkan rahmat dan rahiim nya dalam segenap keringat yang tercurah.

Aamiin 💥🙏

Intinya guys, setiap apapun yang kita jalani… syukuri. Jalani sepenuh hati karena hidup bukan sekedar mengisi aktifitas. Hidup adalah pemberian yang harus kita maksimalkan untuk menebar kebaikan di tiap apapun profesi atau aktifitas kita.

Tiap kita diberi Tuhan potensi diri dan passion dalam suatu hal. Its gift from God. Kembangkan potensi dan passion diri kita, dimanapun berada. Ketika kita punya prinsip pengembangan diri dimanapun berada… maka nomaden bukanlah kendala yang membatasi.

Nomaden malahan merupakan peluang. Peluang kita untuk menempa diri menjadi pribadi yang berkualitas dan lebih baik, menjadi tempat kita menabur benih kebaikan sebagai bukti eksistensi dan kebermanfaatan kita bagi sesama.

So… nomaden? no worries, mate đŸ™‚

~@reni_triasari~

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s