7 Saran Karier dari Jack Ma, Miliarder Kaya yang Dulunya Cuma Orang Biasa

Perkembangan karier adalah hal mutlak yang harus kamu dapatkan. Selain untuk peningkatan penghasilan, peningkatan karier juga akan memberimu kepuasan. Sehingga tahapan yang kamu capai di pekerjaan tidak berhenti begini-begini saja.

Nah, untuk membuat kariermu berkembang, ada baiknya kamu menyimak ilmu dari Jack Ma. Milyader dari China satu ini benar-benar menggambarkan apa itu ungkapan from zero to hero. Jack Ma adalah founder dari Alibaba.com, retail online yang saat ini kesuksesannya sudah mengalahkan eBuy, marketplace yang bergerak di bidang yang sama. 

Alibaba.com membawa Jack Ma, yang tadinya adalah seorang guru Bahasa Inggris, menjadi orang terkaya di China. Setelah Jack Ma melepas saham pertama Alibaba di US, posisinya menjadi orang terkaya ke-23 di dunia.

Bagaimana caranya seorang guru Bahasa Inggris, bisa menjadi bos dari perusahaan retail online yang berskala internasional seperti Alibaba? Untuk kamu para pekerja muda, ini saran Jack Ma, supaya kariermu berkembang.

1. Sebelum kamu berusia 20, jadilah murid yang baik

Jangan malas menempuh pendidikan dan menimba ilmu dari manapun. Saat kamu masih di bangku kuliah atau sebelum-sebelumnya, jadilah murid yang baik. 

Jangan malas belajar ataupun mencari tahu. Menjadi murid tidak hanya berarti kamu belajar dari dosen-dosen di kelas. Tapi kamu bisa menjadi murid dari siapapun untuk hal apapun. Saat usiamu belum 20, waktumu untuk menimba ilmu masih sangat banyak. 

Manfaatkan baik-baik untuk mendapatkan ilmu dari manapun. Karena nanti setelah kamu memasuki dunia kerja, waktu yang kamu punya untuk belajar tentunya tidak sebebas saat kamu masih belum bekerja.

Jack Ma sendiri sebelumnya pernah ditolak sekolah, karena nilai matematikanya yang tidak bagus. Tapi Jack Ma tidak menyerah. Dia terus berusaha mengejarnya. 

Di waktu lain, Jack Ma rela menaiki sepeda sejauh 40 km untuk mengunjungi hotel tempatnya bisa belajar Bahasa Inggris dari para orang asing. Karena banyak bertemu dengan orang asing inilah, Jack Ma jadi punya pandangan yang berbeda dari kebanyakan orang China.

2. Di awal usia 20an, pengalaman adalah yang utama. 

Bekerja di perusahaan kecil bisa kamu pertimbangkan sebelum menjajal tempat yang lebih besar.

Setelah menimba banyak ilmu semasa kuliah, pasca kelulusan adalah masanya kamu mempraktikkan ilmu yang kamu punya, sambil sekaligus juga menambah ilmu dari sumber-sumber lainnya. 

Tak perlu minder atau ragu jika kamu tidak bekerja di perusahaan multinasional. Di perusahaan besar, kamu akan menjadi bagian dari mesin atau sistem yang sudah kaku. 

Sementara berkarya di perusahaan kecil justru membuatmu merasakan pengalaman-pengalaman berharga yang tidak bisa kamu dapatkan di multinational company.

Di perusahaan kecil, start up misalnya, kamu juga bisa mengenal lebih dekat pemimpin perusahaan. Darinya, kamu tidak hanya belajar tentang pekerjaan, tapi juga tentang passion dan mimpi. Tak perlu malu mengikuti dan mengambil ilmu dari orang lain, karena di rentang usia 20-30 tahun, memang waktumu untuk mengikuti orang lain.

3. Sampai usiamu 30, buatlah kesalahan sebanyak mungkin. Jangan ragu-ragu untuk mencoba hal-hal baru.

Apa yang membuat keadaan kita macet di sini-sini saja, terkadang karena kita terlalu takut untuk mencoba hal-hal baru. Kita takut pada kegagalan yang menanti jika kita keluar dari zona nyaman. Karena takut membuat kesalahan, seringnya kita menjadi cukup puas dengan apa yang sudah ada dan enggan berinovasi untuk merasakan pengalaman yang baru. 

Sampai usiamu 30 tahun, membuat kesalahan tak jadi masalah. Kamu masih muda. Salah sekali, di situ kamu bisa mengambil pelajaran untuk tidak mengulangi lagi. Jatuh sekali, kamu masih bisa bangkit berkali-kali.

4. Kamu berpikir untuk membuat usaha sendiri? Lakukan itu di usia 30-40 tahun. 

Sepuluh tahun waktu yang kamu punya untuk merintis usaha. 

Setelah sepuluh tahun bekerja untuk orang, pengalamanmu sudah cukup banyak. Ilmu yang kamu dapatkan juga sudah lebih banyak dari saat kamu berusia 20an. Kondisi psikologismu juga jauh lebih matang. Jika kamu berencana untuk membuat usaha sendiri, inilah usia yang tepat untuk memulai.

Jika kamu sudah punya rencana sejak lama tentang usaha apa yang ingin kamu buat nanti, inilah saat mewujudkannya. Sampai usiamu 40 tahun nanti, carilah model-model baru usaha yang cocok untukmu. 

Berbekal pengalamanmu sebelumnya, amunisimu untuk memulai sudah cukup memadai.

5. Jangan mencoba-coba hal baru bila usiamu sudah lebih dari 40 tahun. 

Fokuslah untuk melakukan hal-hal yang kamu memang bagus di dalamnya.

Setelah usiamu 40 tahun, eksperimen bukan lagi hal yang bisa kamu lakukan. Mencoba-coba hal baru sudah bukan masamu lagi. Membuka usaha tidaklah mudah. Tak jarang prosesnya berjalan panjang, termasuk jatuh bangun yang tak terhitung banyaknya. 

Memang selalu ada kemungkinan untuk sukses meski kamu sudah 40 tahun. Tapi risiko kegagalan lebih besar, karena banyak hal tak terduga bisa datang. Kamu sudah tak punya waktu terlalu banyak lagi untuk memulai dari awal lagi. Jika kamu sudah menemukan hal apa yang cocok untuk kamu kerjakan dan sudah terbukti memberimu kesejahteraan yang cukup, lanjutkan saja.

6. Saat usiamu 50 tahun, akuilah bahwa kamu sudah tua. 

Saatnya memberi kesempatan kepada yang muda, kamu cukup memberikan investasi saja.

Sudah lebih dari 30 tahun kamu bekerja, saatnya sekarang kamu mulai menyingkir dari panggung utama. 50 tahun jelas bukan usia muda lagi. Ini saatnya kamu memberikan kesempatan pada yang muda-muda untuk berkarya. Mereka lebih enerjik dan mungkin lebih kreatif daripada kamu yang sudah menua. 

Investasikan saja ilmu dan dana yang kamu punya, dan dukunglah ide-ide brilian yang kaum muda itu rencanakan.

7. Jika kamu sudah 60 tahun, sudahlah, tak usah lagi bekerja. 

Jalan hidupmu sudah tidak mungkin diubah lagi. Apa yang ada hanya bisa kamu nikmati saja

60 adalah batas akhir semuanya. Saat ini, kamu sudah tidak bisa mengubah apa-apa. Barangkali di usia ini kamu masih punya ganjalan mimpi-mimpi yang belum tercapai. Tapi sudah, cukup. 

Di usia ini sudah bukan lagi waktunya untuk memikirkan bisnis atau mengubah rencana hidup. Apa yang kamu miliki hanya bisa kamu nikmati. Daripada terus menyesali apa yang seharusnya kamu lakukan atau tidak kamu lakukan, lebih baik nikmati sisa hidupmu dengan berbagai hal positif dan menghibur.

Kesuksesan Jack Ma tidak datang dalam semalam. Tapi apa yang bisa Jack Ma lakukan, bisa menginspirasi semua orang. Apa yang Jack Ma lakukan, bisa juga kamu lakukan. Mulai hari ini buat plan hidupmu sedetail mungkin. Sekaligus carilah pengalaman sebanyak mungkin, dan lakukan kesalahan sebanyak mungkin.

This is my advice to the young people: 25 years old, make enough mistakes. Don t worry! You fall, you stand up, you fall enjoy it! You re 25 years old, enjoy the show! – Jack Ma

Untuk saat ini, tak perlu takut melakukan kesalahan. Seperti kata Jack Ma, toh kita baru dua puluh lima.

Iklan

Tenyata di Bea Bayar Pajak Kendaraan Bermotor (STNK) kita, sudah ada Asuransi Jiwanya loh

Sekilas info bagi yg blm memahaminya. COBA BACA DAN LIHAT ”STNK” ANDA!!!

Pernah mendengar/membaca SWDKLLJ? Coba cermati STNK kendaraan. Saat kita membayar pajak kendaraan otomatis kita akan dikenai biaya SWDKLLJ. Terus SWDKLLJ apakah itu ? kegunaannya untuk apa ? 

SWDKLLJ yaitu kepanjangan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Nah dengan membayar SWDKLLJ masing-masing bayar pajak kendaraan, otomatis diri kita tercatat ikut asuransi yang dikelola oleh perusahaan BUMN yang bernama Jasa Raharja. Besarnya tarif SWDKLLJ tergantung dari tipe kendaraan. Untuk motor berkapasitas mesin 50 cc s. d. 250 cc akan dikenai tarif Rp 35rb. Sedang untuk jenis sedan, jip dan lain-lain sebesar Rp143 rb. 

Kegunaan yang didapat dari SWDKLLJ yaitu kita memperoleh perlindungan asuransi bila berjalan kecelakaan jalan raya. Besarnya santunan yang diperoleh oleh Jasa Raharja berdasar pada Ketetapan Menteri Keuangan RI No 36/PMK. 010/2008 dan 37/PMK. 010/2008 tanggal 26 Februari 2008 yaitu: 

  • Meninggal Dunia, sebesar Rp 25 juta 
  • Cacat (Maksimal), sebesar Rp 25 juta 
  • Biaya Rawat (Maksimal), sebesar Rp10 juta 
  • Biaya Penguburan, sebesar Rp. 2 juta 

Bagaimana caranya dapatkan santunan ?

  1. Menghubungi kantor Jasa Raharja terdekat. 
  2. Isi formulir ajukan dengan memasukkan (laporan kecelakaan dari pihak kepolisian atau pihak berwenang, surat keterangan kesehatan dari dokter, KTP/jati diri korban/ahli waris korban). 
  3. Jika korban luka-luna jadi dilampirkan kwitansi biaya perawatan & pengobatan yang asli sedang jika meninggal dunia jadi dibutuhkan Kartu Keluarga atau Surat Nikah.  
  4. Hak santunan jadi tidak berlaku bila mengajukan lebih dari 6 bulan. sejak mulai terjadinya musibah atau tak diakukan penagihan kurun waktu 3 bln, sejak mulai hak santunan di setujui oleh Jasa Raharja. 

Oh ya, santunan ini diberikan bukan hanya pada seseorang/pengemudi tapi juga berlaku pada berapa penumpang yang turut jadi korban kecelakaan. 
Jadi kita harus tahu hak kita & jangan pernah terlambat memprosesnya…!

Kirim ke teman dan keluarga anda smg bermanfaat, Karena tidak pernah ada sosialisasi Soal ini.

Utk info lebih detil tg SWDKLJJ (sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan) dan ruang lingkup jaminan serta besar santunan bisa di cek web jasa raharja di https://www.jasaraharja.co.id

Syarat perpanjangan SIM melalui Mobil SIM Keliling… 😊

Mumpung lagi di kampung halaman, saatnya untuk memperpanjang SIM. Kali ini SIM A yang habis masa berlaku 5 tahunnya.

Ceritanya… Habis selesai bayar pajak (perpanjangan STNK) satu tahun di Samsat Polda Sumsel. Iseng-iseng mampir deh ke layanan SIM Keliling yang letaknya tak jauh dari Samsat. Pengen nyobain gimana sih rasanya perpanjang SIM pake layanan mobil SIM Keliling? 

Biasanya kan perpanjang SIM di SIM Corner yang ada di Palembang Indah Mall (PIM) jalan Letkol Iskandar. Kali ini lagi pengen merasakan sensasi SIM Online sambil nongkrong gitu, biar gaul. Beneran “nongkrong” loh disini hahaaaa… Hanya ada beberapa kursi dan tenda kecil serta meja bulat. Ada air minum GRATIS loh 😂

Hanya sekitar 300 meter dari Samsat Polda Sumsel, kita udah bisa ketemu di lokasi mangkalnya mobil SIM keliling. Tepatnya berada di Taman Dharma Wanita (sebelah Hotel Aryaduta di kompleks mall Palembang Square).

Lebih tepatnya, di lapangan basket yang terdapat di depan salah satu rumah dari H. Romi Herton, SH, MH (Mantan Walikota Palembang).

Jam operasionalnya dimulai pukul 09.00 wib hingga 14.00 WIB (dipotong jam istirahat siang). Sebelum jam operasional, disarankan kita datang lebih awal di lokasi ini. 

Petugasnya ramah-ramah loh. Mulai dari pegawai Samsat, polisi sampai pihak layanan kesehatannya. Asik pokoknya. Pegawai Samsat nya, Bapak Alfi Muharram, juga memberikan edukasi mengenai SIM Online dengan sangat jelas, diadakan juga tanya jawab seputar permasalahan dalam proses perpanjangan SIM.

Yang paling banyak ditanyakan adalah, ketika masa berlaku SIM kita sudah lewat tanggalnya. Dengan menggunakan sistem Online, SIM kita yang sudah lewat masanya otomatis akan terhapus datanya dari sistem. Sehingga kita diwajibkan untuk membuat SIM baru di Polsek/Polresta terdekat. Sayang banget kan? Jadi sebelum masa berlaku SIM habis, segeralah perpanjang ya guys. 

Selain di taman Dharma Wanita, layanan SIM Online ini juga ada di 3 titik lainnya:

1. Di Simpang RE. Martadinata (Lemabang)

2. Simpang Kades KM.12 

3. Depan Hotel Dharma Agung Talang Buruk, Sukarami

Syarat yang perlu disiapkan adalah:

1. SIM asli (lama) yang akan diperpanjang

2. Fotocopy SIM lama dan KTP masing-masing dua lembar

3. Foto berwarna 3×4 sebanyak dua lembar

4. Isi Formulir

5. Surat Keterangan Kesehatan

Nih prosedur perpanjangan SIM Online secara lengkap:

1. Siapkan SIM asli (lama) yang akan diperpanjang

2. Fotocopy SIM lama dan KTP masing-masing dua lembar

3. Foto berwarna 3×4 sebanyak dua lembar

4. Isi formulir yang bisa diminta ke petugas (beserta map nya)

5. Masukkan semua syaratnya ke dalam map (satu berkas)

6. Lalu kita serahkan berkas ke petugas kesehatan di dalam mobil kesehatan

7. Tunggu hingga dipanggil dan di cek kesehatan. Cek kesehatan meliputi tes melihat angka dan huruf melalui alat optik, dan tes buta warna

8. Setelah terbit surat kesehatan. Bayar biaya cek sebesar Rp. 50.000

9. Berkas yang sudah dilengkapi surat kesehatan kita serahkan kembali ke petugas di dalam mobil SIM Keliling

10. Tunggu panggilan untuk validasi data, rekam sidik jari dan foto

11. Bayar biaya administrasi untuk SIM A Rp. 80.000 dan SIM C Rp. 75.000

12. Sim dicetak deh… Cek dulu data yang tercetak di SIM baru dan masa berlaku SIM. Jika udah beres lanjut deh jalan.

Jika sudah selesai, saran dari petugas, fotocopy SIM baru dua lembar sebagai arsip jika terjadi kehilangan.

Di SIM keliling ini, kita hanya bisa memperpanjang dua jenis SIM, yaitu SIM A dan C. Memang agak lama sih, karena hanya satu alat foto dan print sidik jari di dalam mobil ini.

Pas buat SIM kemarin, datangnya sekitar jam 9.15. Itu antrian udah lumayan, karena memang hari pertama masuk kerja seusai libur lebaran. Butuh waktu hampir 2 jam lah sampe selesai semua prosesnya. 

Tipsnya… Disiapkan dulu syarat-syaratnya biar gercep dan datang lebih awal. 

Disarankan untuk memperpanjang SIM di Polres/Polresta terdekat, karena disana terdapat alat foto dan print sidik jari yang lebih banyak jumlahnya. Sehingga lebih cepat proses pembuatannya SIM Barunya.

Oiya, di lokasi ini juga masih bergentayangan calo loh. Mereka melayani jasa membantu pengisian data di formulir. Harap maklum aja 😬

Selamat menjadi Warga Negara Indonesia yang taat aturan. Berkendaraanlah dengan tertib dan sesuai aturan ya guys 😊

Follow me: 
Twitter: @reni_triasari | Youtube/IG:@reni.triasari

Perubahan Mekanisme Perpanjangan STNK Satu Tahun di Samsat Polda Sumsel 2016

Ada info nih buat teman-teman yg ingin bayar pajak tahunan kendaraan bermotornya di samsat polda Sumsel di tahun 2016 ini.

Kalo mekanisme dulu…

1. Siapin KTP dan STNK asli

2. Kumpulkan jadi satu berkas dalam map

3. Antri di counter pengambilan formulir isian data kendaraan bermotor

4. Pengambilan nomor antrian perpanjangan satu tahun

5. Pengisian formulir

6. Menunggu panggilan di loket pendaftaran untuk verifikasi data

7. Pembayaran pajak satu tahun di loket pembayaran (bank)

8. Menunggu proses penyerahan STNK baru di loket penyerahan

Nah… Pada 11 Juli 2016 ini, pas bayar pajak. Ada sedikit perubahan nih guys.

Mekanisme perpanjangan STNK 1 tahun sekarang nih…

1. Siapin KTP dan STNK asli 

2. Fotocopy KTP dan STNK masing-masing 1 (satu) lembar

3. Kumpulkan jadi satu berkas dalam map

4. Pengambilan nomor antrian perpanjangan satu tahun

5. Antri menunggu panggilan di loket pendaftaran untuk verifikasi data (panggilan dilakukan petugas dengan nomor urut 1-10)

6. Pembayaran pajak satu tahun di loket pembayaran (bank)

7. Menunggu proses penyerahan STNK baru di loket penyerahan

Kurang lebih 15 menit tadaaa… Selesai deh prosesnya. STNK baru dicetak dan kita sudah menjadi warga negara Indonesia yang taat pajak. 

Urus sendiri sekarang gampang kok. Asal datangnya pagi. Jam 08.00 samsat polda sumsel yang berlokasi di depan PS Mall sudah mulai beroperasi. 

Berkas-berkas dan map sudah disiapkan dari rumah. Kalau mau beli map yang ada cetak samsat nya, beli aja di koperasi samsat. Jam 07.30 udah buka loh guys. 

Well prepared aja. Selamat membayar pajak 😊