[Review]: Kungfu Yoga, kungfu khas Jackie Chan yang menghibur

Wahhh bakal ada film nya Jackie Chan (JC) nih 😍 itu yang terlintas pas lihat cuplikan film-film yang bakal tayang sebelum Resident Evil: Final Chapter dimulai.

Sebagai anak 90-an yang akrab dengan film jadul khas JC, film ini wajib ditonton. Gak peduli judulnya apa, ceritanya gimana, pemainnya siapa. Karena dengan ada jaminan akting JC…, filmnya bisa dipastikan bakal menghibur. At least ekspektasinya begitu haaa.

Sedikit OOT, kungfu yang ditawarkan JC menurut saya agak berbeda dengan kungfu-nya Bruce Lee, Jet Lee, ataupun Chow Yun Fat. Secara komersil, kungfu nya JC ini diminati karena adanya unsur hiburan dan kecerdikan dalam tiap gerakannya. Padahal kungfu itu lekat dengan adegan kekerasan serta kesannya serius dan dewasa banget. Iyalah disana ada fighting, darah, senjata tajam dimana-mana. Serem deh…

Karena perbedaan hal itulah, film-film JC bisa diterima di setiap kalangan dan tak lekang dimakan jaman. IMO.

Back to Kungfu Yogaaaaa πŸ˜„

Trededeng… dimulai dengan kemunculan sekumpulan gajah (berasa nonton Mahabarata) dan pejuang tiongkok yang dibela oleh pendekar india dalam bentuk animasi. Terus ada yg nyeletuk… yahhh masa filmnya animasi?? Kecele dong nonton ini. Masa nonton Jackie Chan animasi πŸ˜‘

Agak harap-harap cemas juga sih kalo emang nih film full animasi hahaa… tapi film dengan dialog dominan tionghoa dan sedikit inggris ini ternyata hanya menyisipkan animasi sebagai pengantar di awal saja. Thanks God πŸ˜†

Menurut saya, Stanley Tong (penulis dan sutradara) cukup berhasil membuat Kungfu Yoga menjadi film yang bernuansa tiongkok dengan sedikit sentuhan india. Berbeda dengan film-film Holywood jadinya. 

Film action-adventure-komedi ini mengkisahkan JC sebagai Jack, seorang Profesor Arkeolog (Musium Terracotta Warior) yang diminta sang bos untuk membantu Ashmita (Institut Musium Nasional India) dalam menemukan harta karun Maghada yang terdapat di Tibet. 

Ashmita membawa peta yang diyakini merupakan petunjuk untuk menuju harta karun tersebut. Peta itu merupakan peta keluarga yang hanya bisa dibaca menggunakan metode khusus. Profesor Jack mempunyai penemuan spektakuler semacam cairan penyemprot yang bisa melihat warna dan bahan asli dari benda-benda kuno. 

Cairan ini kemudian disemprotkan untuk analisa awal peta tersebut. Singkat cerita, terbentuklah tim pencari harta karun Maghada yaitu Prof. Jack dan dua asistennya, Ashmita dan asistennya, Jones (pencari harta karun) dan satu orang ahli dalam hal gali menggali menggunakan alat berat muktahir.

Dimulailah proses pencarian harta karun di Tibet. Disini… pemandangannya wahhh banget. Salju dan lokasi syutingnya membuat saya terpana. Cantik banget. Dari googling katanya sih lokasi syuting kungfu yoga juga ada di Iceland loh. Melihat air terjun di saat salju itu indah banget. 

Disini juga ada adegan dimana sekumpulan serigala siap menyerang tim nya Jack. Di scene ini kita dapat pengetahuan sedikit nih, gimana cara mengusir kawanan serigala. Caranya adalah dengan show off ke serigala bahwa kita lebih kuat dari mereka. Lalu Jack mengajak Jones untuk berduel agar ditonton para serigala. Ceritanya nakut-nakutin si serigala nih… Sembari duel, Jack menanyakan filosofi dari gerakan kungfu yang pernah diajarkannya ke Jones ketika masih kecil. Dan Jones masih ingat banget filosofi yang diajarkan Jack semasa dia masih bocah. FYI, Jones ini anak dari teman karibnya Jack. 

And you know what? It works. Para serigala segan untuk mendekati kemah nya Tim Jack. Hikmahnya adalah jangan pernah tunjukkan ketakutan kita di depan kawanan serigala.

Nah… di bagian ini deh yang agak kurang sesuai ekspektasi. Proses kerjanya tim hingga berhasil nemuin lokasi harta karun yang tepat itu ga diceritain. Tau-tau udah maen gali es aja, udah ada alat berat, komputer untuk monitor lengkap banget πŸ˜‚

Terlalu banyak lompatan cerita pada proses kerja tim. Padahal menurut saya ya, kalau disini dikasih liat sedikit aja prosesnya mungkin agak lebih make sense dan terlihat ilmiahnya sedikit. Jadi ceritanya lebih berbobot gitu. Tiba-tiba alurnya udah ketemu dengan harta karun aja. Lalu….

Muncullah sosok antagonis, Randall. Dia membawa anak buahnya yang siap mengambil harta karun. Menurut penjelasan Ashmita, Randall ini merupakan keturunan ke-9 dari raja apa gitu dan dia merasa paling berhak terhadap harta karun Maghada. Kehadiran Randall ini juga ujug-ujug banget sih kalo menurut saya.

Setelah terjadi perkelahian di gua besar yang terdapat di bawah danau es, akhirnya Randall berhasil mengambil koin emas dan harta yang berharga. Jack dan teman-teman dibiarkan hidup-hidup terperangkap disana. Kecuali Jones, yang berhasil melarikan diri dan membawa artefak berlian merah muda, salah satu harta karun berharga Maghada.

Berkat latihan Yoga, Ashmita mampu mengalahkan suhu dingin dan berencana untuk mencari jalan keluar bersama Jack. Mereka berdua memutuskan untuk berenang di dalam air es dan mencari jalan keluar. Akhirnya mereka berhasil menemukan jalan keluar yang berada tepat di bawah air terjun.

Dua pekan kemudian ada informasi yang mengatakan bahwa artefak berlian dengan kadar 212 karat yang dicuri oleh Jones dilelang di pasar gelap Dubai. Akhirnya Jack dan tim terbang ke Dubai untuk mengambil kembali artefak tersebut dengan bantuan temannya yang kaya.

Setelah proses bidding yang cukup alot dan kocak, Jack dan temannya akhirnya memenangkan lelang. Randall yang menjadi salah satu pesaingnya tidak terima dan mengambil paksa artefak berlian tersebut. Disini adegan paling lucu di Kungfu Yoga pun dimulai.

Ketika kejar-kejaran menggunakan mobil di jalanan Dubai, ternyata Jack mengendarai mobil yang di dalamnya ada Singa besar (namanya juga Jack loh haaaa). Dalam kecepatan tinggi, Sang Singa pun bangun dari tidurnya. Jack terkejut melihat bahwa di dalam mobil yang dikendarainya ada singa besar. Saking paniknya, Jack bilang “Hai Singa apakah kau bisa berbahasa Mandarin? Atau hanya bisa bahasa Arab? Assalamu’alaikum…” πŸ˜‚

Yang buat ngakak ketika mobilnya Jack melompat, terus mimik mukanya Jack persis sama dengan Singa hahaaaa. Walau ini adegan yang template dalam film komedi, tapi karena moment nya pas jadi terlihat kocak banget. Kejar-kejaran ini berakhir di tangan Ashmita yang menangkap tas berisi artefak berlian sambil mengendarai motor. 

Hal inilah yang mengantarkan Jack dan asistennya pergi ke India untuk bertemu Ashmita. Ternyata ketika Jack ke Institut Musium Nasional India, mereka menemukan bahwa Ashmita yang asli bukanlah Ashmita yang mereka kenal.

Ashmita yang mereka kenal ternyata keturunan termuda dari kerajaan Maghada dan asistennya adalah saudara perempuannya. Surpriseeee…. Ashmita mengatakan bahwa artefak berlian itu disebut “eye of shiva” dalam keluarganya dan merupakan kunci untuk membuka harta karun yang tersimpan. Dan dia meminta Jack untuk menemukan harta karun sebenarnya dan melindunginya dari orang yang salah. 

Ternyata Randall masih berusaha untuk menguasai harta karun Maghada. Randall mengerahkan anak buahnya untuk mengancam Jack dan Ashmita dalam pencarian harta karun terpendam. Singkat cerita… mereka menemukan teka-teki untuk membuka pintu akses menuju harta karun itu dengan menggunakan artefak berlian sebagai kuncinya. Di scene ini berasa nonton Tomb Raider deh. Tapi nanggung πŸ˜‚petualangan alias adventure-nya ga dapet sih. Terlalu cepat flow-nya menurut saya. Sisi tegang dari sebuah film adventure agak diabaikan disini.

Ada beberapa adegan kocak lagi di scene akhir ini. Mereka ternyata menemukan bangunan emas dan patung budha besar yang terbuat dari emas. Tapi bukan itu sebenarnya harta karun terpendam Maghada, melainkan ilmu para leluhur yang berisi obat-obatan, ajaran budha, struktur bangunan, dan lain-lain yang dituliskan di kertas dan disimpan rapi di dalam peti.

Randall tidak bisa terima bahwa harta karun yang dia cari selama ini ternyata bukan harta yang menurutnya berharga. Ending-nya Randall sadar dan JC menari bersama Randall dan lainnya. Yang pasti narinya ala India~

So… Kungfu Yoga ini nanggung semua sebenarnya. Actionnya, adventurenya nanggung… tetapi komedinya over all sih cukup menghibur. Kalau menurut review dari Rotten Tomatoes sih, skor film ini 46% dari review 13 kritikus. Yah.. cukup menghilangkan rasa kangen dengan film kungfu rasa Jackie Chan. Anyway, nari indianya JC saik juga ternyata haaa…

-Selamat menonton-

Twitter: @reni_triasari | IG: @reni.triasari
Trailler official : https://www.youtube.com/watch?v=ENWW74s2_aM

Iklan