Soto Gerabah: Makanan Otentik, Murah, Rasa Juara

Saat ini, harga mungkin jadi pertimbangan pertama ketika kita membeli makanan. Apalagi sebagai anak rantau yang harus kreatif dan pintar-pintar menghemat uang haaa…

Menurut pengalaman saya selama merantau di Jawa Tengah tepatnya di Cepu, Blora ini merupakan salah satu kota yang “ramah”. Ramah terhadap kantong kita maksudnya. Ga sulit mencari makanan murah dan cocok di lidah. Salah satunya Soto Gerabah yang berlokasi dekat dengan Taman Tuk Buntung.

Lokasi ini banyak dipenuhi bermacam kuliner, karena dari sore hingga malam hari khususnya di hari libur taman Tuk Buntung ini merupakan tempat nongkrong favorit anak muda di Cepu. Kita intip yuk menu murah meriah rasa juara di tempat makan ini.

Harga_Soto_Gerabah_Cepu_2018

Menu makanan alias Dhaharan nya paling mahal Rp. 7000 yaitu Soto daging mangkok besar. Ada juga cemilan macem tempe, bakwan, perkedel, telor puyuh dan lain-lain (harga ada di foto).

Untuk minumannya standar sekitar Rp. 3000 – Rp. 3500. Dan rekomended wedang jahenya beghhh… seger banget, jahenya gede dan super panas man haaaa. Biasa kalo di Jawa bilang minta minum panas itu ya super panas banget… so, sebelum minum kudu dicek dlu.

Selain menu di foto, ada juga menu spesial yaitu Rica Bledek yang harganya cuma Rp. 5000 loh. Saatnya pesan makan nih… saya pesan untuk dua orang soto ayam mangkok kecil, soto daging mangkok besar, rica bledek ceker, dan tempe.

Rica_Bledek_Enak_Cepu_2018

Soto sama nasinya dicampur jadi satu. Oiya, ga jauh dari sini ada juga soto lamongan Cak Bondet. ini nih perbandingan harga dan penampakan sotonya. Disini kalo dipisah nasi sama sotonya harganya beda Rp. 1000. Lebih mahal yang dipisah nasi sama sotonya. Dan disini model soto lamongan, jadi pake taburan koya sotonya. Enakkkkkkk tapi lebih mahal dua kali lipat lebih.

Harga_Soto_Cak_Bondet_Cep_2018

IMG_5100

Kembali ke rasa Soto Gerabah nih… Model soto bening yang kaldu dan bumbunya light rasanya pas. Seger banget pake perasaan jeruk dan sambel rawitnya. Potongan ayam dan dagingnya juga lumayan untuk soto harga murmer bgini. Tempenya nih unik. Dia pake tempe yang kedelainya gede-gede dan agak sedikit semangit… cuma digoreng garing gt. Jadi nendang banget kedelainya.

Soto_Gerabah_Cepu_Enak

Rasa rica bledeknya gimana?? Wah… bumbunya berasa banget rempahnya. Campuran kencur, jahe, lengkuas, kemiri, cabe, tomat, bawang merah dan bawang putih serta aroma daun jeruk plus daun kemanginya juaraaaaa banget. Sayangnya ini diblender sih kayaknya, teksturnya beda sama hasil ulekan. Personally sih saya lebih suka yang diulek karena berasa lebih otentik gitu.

Rica_Bledek_Ceker_Cepu

Secara keseluruhan… makan di Soto Gerabah ini mantap djiwaaaa. Bisa hemat dan makan enak heee… sekian review kali ini, semoga bermanfaat. Bisa mutual melalui twitter di @reni_triasari, IG @reni.triasari atau nonton video kuliner dan jalan-jalan via youtube di https://m.youtube.com/channel/UCdTqUQelj2E9NwY0urYUwuA

-Salam Makan Lemak-   

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s