Carilah Sahabat Setia

Syaikh DR. Sulaiman Ar-Ruhaili Hafidzahullahu :

Diantara ucapan hikmah Imam Syafi’i rahimahullah adalah ucapan beliau :

“Selayaknya bagi seseorang untuk berantusias dalam mencari sahabat yang setia dan jujur. Sebagaimana dia berantusias dalam mencari orang yang amanah dan terpercaya dalam menyimpan barang titipannya..”

Ini adalah landasan penting sekali dalam mencari sahabat.
Ketika engkau memiliki sahabat maka engkau memberitahukan kepadanya apa yang ada dalam dirimu dan engkau mengabarkan kepadanya tentang privasimu serta engkau mendekatkan dirinya kepadamu.

Maka selayaknya engkau memilih dari orang-orang yang setia dan jujur. Karena sahabat yang setia seandainya terjadi sesuatu (perselisihan) antara dirimu dengannya, maka dia akan menutupi apa yang dia ketahui tentang dirimu.

Adapun sahabat yang tidak setia meskipun engkau bersahabat dengannya bertahun-tahun dan dia mengetahui rahasia-rahasiamu lebih dari keluargamu sendiri maka ketika terjadi sesuatu antara dirimu dan dengannya maka dia akan menyebarkan rahasia-rahasiamu.

Hal ini sangat menonjol di zaman now terutama dengan adanya media sosial.

Sahabat yang baik dia akan setia kepadamu. Jika dia melihat darimu sesuatu yang jelek/salah darimu maka dia akan menasihatimu dan memberitahukannya kepada dirimu.

Adapun sahabat yang kadzdzab/pendusta (serigala berbulu domba) maka dia tampakkan yang manis-manis kepadamu padahal dibalik itu dia berbuat jelek kepadamu.

Inilah hikmah yang selayaknya kita pegang erat dengan gigi geraham kita.

Semoga kita bukan bersahabat yang hanya berkumpul sesekali utk bercerita kesana kemari, ketawa haha hihi tetapi lebih dari itu saling mengingatkan dalam kebenaran, saling menyemangati dalam perbaikan, berlomba dalam kebaikan, sehingga kita akan di kumpulkan sebaik baik tempat berkumpul… di syurga Nya kelak. Aamiin

Taken from ig ihsanridwan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s