Ini Mie Otentik Bangka, Kuah Tenggirinya SUEGERRR!!!

Sekilas mie otentik Bangka ini keliatan mirip sama mie ayam ya. Tapi… cobain deh sesendok dlu kuahnya, pasti ada sensasi aneh yang terasa di lidah. Mungkin bagi yang kurang suka ikan, rasa amis ikan yang agak menghilangkan semangat untuk menyantap mie ini. Eits… jangan khawatir ada tips nya supaya rasa amisnya berganti dengan rasa segar yang tiada tara haaaaa…

Sebelum diulas lebih lanjut, kenalan dulu yuk dengan makanan khas Bangka ini. Namanya Mie Koba. Dari beberapa sumber yang dibaca, sejak abad ke-19, menyantap mie menjadi budaya yang tak terpisahkan dari keseharian masyarakat Bangka. Kebiasaan ini tak lepas dari kepiawaian warga Bangka keturunan Tiongkok dalam mengolah mie. Bangka dikenal juga dengan tambang timahnya, disela-sela waktu istirahatnya para pekerja tambang ini biasanya menyantap mie sehingga menjadi kebiasaan yang turun temurun.

Kenapa namanya Mie Koba? Denger-denger sih… nama Koba ini diberikan secara spontan oleh Bupati Bangka Tengah saat itu. Ceritanya begini, setelah otonomi daerah, Bangka Tengah menjadi Kabupaten mandiri. Pameran-pameran digalakkan pemerintah sebagai bentuk promosi wisatanya. Iskandar, salah seorang penjual mie di Koba (nama kecamatan di Bangka Tengah), kerap diundang untuk menyuguhkan mie buatannya kepada para pengunjung. Respon yang baik dari penikmat kuliner ini memunculkan nama “Koba” yang akhirnya dipakai sebagai nama Mie legendaris ini. Terlebih, warung mie milik Iskandar yang pertama ada juga terdapat di Koba.

Sekarang kita ulas yuk mie Koba Iskandar yang berada di pusat kota Pangkal Pinang. Warung mie ini merupakan cabang dari yang ada di Koba. Alamat lengkapnya bisa cekidot di gmaps guys…

Mie Koba Iskandar

Gedung Nasional, Taman Sari, Gedung Nasional, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33684

0812-7842-7777

https://g.co/kgs/xm9Sme

Lokasinya di pinggir jalan, tempatnya sih B aja kaya warung bakso mie ayam pinggir jalan. Jadi ini rumah biasa yang di depannya dikasih meja dan kursi. Fyi, kata orang sini sih… di Bangka ini tempat bagus ga jaminan di rasa makanannya hihiihiii. Warung mie Pak Iskandar yang terkenal di Koba aja ya begitu-begitu aja, tapi tiap orang yang datang dari luar kota tetap aja nyariin dan makan disana.

Balik lagi ke warung mie Koba Iskandar di Pangkal Pinang ya… kebetulan kesini pas bulan ramadan, jadi baru bisa nyicipin malam hari. Pas dateng, sepi sih cuma berdua langsung pesan lalu voilaaaaa mie koba hangat sudah terhidang di depan mata. Cicipin dlu rasa originalnya, rasanya manis, sedikit aromatik rempah, dan dominan rasa kaldu ikan segar yang terasa.

Agak aneh karena biasanya mie ayam itu rasa gurih yang dominan. Ternyata ini kuahnya dibuat pakai kaldu dari ikan tenggiri segar ditambah bumbu rempah. Disadur dari laman website masdede.com, kuah kaldu ikan tenggirinya ini diproses secara tradisional. Ikan yang dibeli dari pasar dibersihkan, direbus sampai matang, didinginkan, dan dibersihkan dari kulit dan duri-durinya. Daging ikan tadi ditumbuk sampai benar-benar halus, kemudian ditumis dengan berbagai ramuan bumbu.

Menurut salah satu karyawan Mie Koba, Pipit, rahasia Mie Koba ada pada kuah yang tidak bau amis ikan tenggiri dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kaldu tersebut. “Kami pakai banyak rempah-rempah loh mas. Seperti kayu manis, pala, cengkeh, ketumbar, kembang pala dan gula aren asli. Selain melezatkan, racikan bumbu tersebut mampu menghilangkan dan mengusir bau amis ikan,” katanya.

Ternyata warna coklat pada kuahnya berasal dari gula aren, pantesan manis ya. Yang spesial juga mie nya dibuat khusus dengan ukuran yang lebih tipis dan lebih mudah diseruput. Hemm… di awal artikel saya punya tips kan ya buat penikmat kuliner yang kurang suka aroma kaldu ikan yang kuat. Rahasianya ada di tambahan jeruk kunci (jeruk limau) dan sambal yang akan membuat kuah mie Koba makin SPESIAL karena rasanya menjadi SUEGERRR banget. Seriusssss.

Oiya, setelah disiram dengan kuah ikan tenggiri, mie Koba ini ditambahkan juga bawang goreng dan daun seledri diatasnya (beberapa warung ada yang nambahin kecambah). Untuk pelengkapnya ada jeruk kunci, sambal, dan kecap plus telur rebus. Harga nya juga murmer dengan porsi yang sedang menurut saya. Untuk harga mie koba nya sendiri Rp. 12.000, kalau kita pakai telur rebus harganya jadi Rp. 15.000. Kalau biasa makan mie ayam dengan porsi agak gede sih dijamin bakal nambah lagi pesan mie koba nya satu mangkok haaaa. Karena porsi sedang itu nanggung menurut saya.

Jadi kalo teman-teman main ke Bangka wajib nyobain Mie Koba ini ya. Mie legendaris, penuh historis, minimalis, dan ga buat kantong tipis

Salam

IG: @reni.palembang

Twitter: @reni_palembang

Iklan

Soto Gerabah: Makanan Otentik, Murah, Rasa Juara

Saat ini, harga mungkin jadi pertimbangan pertama ketika kita membeli makanan. Apalagi sebagai anak rantau yang harus kreatif dan pintar-pintar menghemat uang haaa…

Menurut pengalaman saya selama merantau di Jawa Tengah tepatnya di Cepu, Blora ini merupakan salah satu kota yang “ramah”. Ramah terhadap kantong kita maksudnya. Ga sulit mencari makanan murah dan cocok di lidah. Salah satunya Soto Gerabah yang berlokasi dekat dengan Taman Tuk Buntung.

Lokasi ini banyak dipenuhi bermacam kuliner, karena dari sore hingga malam hari khususnya di hari libur taman Tuk Buntung ini merupakan tempat nongkrong favorit anak muda di Cepu. Kita intip yuk menu murah meriah rasa juara di tempat makan ini.

Harga_Soto_Gerabah_Cepu_2018

Menu makanan alias Dhaharan nya paling mahal Rp. 7000 yaitu Soto daging mangkok besar. Ada juga cemilan macem tempe, bakwan, perkedel, telor puyuh dan lain-lain (harga ada di foto).

Untuk minumannya standar sekitar Rp. 3000 – Rp. 3500. Dan rekomended wedang jahenya beghhh… seger banget, jahenya gede dan super panas man haaaa. Biasa kalo di Jawa bilang minta minum panas itu ya super panas banget… so, sebelum minum kudu dicek dlu.

Selain menu di foto, ada juga menu spesial yaitu Rica Bledek yang harganya cuma Rp. 5000 loh. Saatnya pesan makan nih… saya pesan untuk dua orang soto ayam mangkok kecil, soto daging mangkok besar, rica bledek ceker, dan tempe.

Rica_Bledek_Enak_Cepu_2018

Soto sama nasinya dicampur jadi satu. Oiya, ga jauh dari sini ada juga soto lamongan Cak Bondet. ini nih perbandingan harga dan penampakan sotonya. Disini kalo dipisah nasi sama sotonya harganya beda Rp. 1000. Lebih mahal yang dipisah nasi sama sotonya. Dan disini model soto lamongan, jadi pake taburan koya sotonya. Enakkkkkkk tapi lebih mahal dua kali lipat lebih.

Harga_Soto_Cak_Bondet_Cep_2018

IMG_5100

Kembali ke rasa Soto Gerabah nih… Model soto bening yang kaldu dan bumbunya light rasanya pas. Seger banget pake perasaan jeruk dan sambel rawitnya. Potongan ayam dan dagingnya juga lumayan untuk soto harga murmer bgini. Tempenya nih unik. Dia pake tempe yang kedelainya gede-gede dan agak sedikit semangit… cuma digoreng garing gt. Jadi nendang banget kedelainya.

Soto_Gerabah_Cepu_Enak

Rasa rica bledeknya gimana?? Wah… bumbunya berasa banget rempahnya. Campuran kencur, jahe, lengkuas, kemiri, cabe, tomat, bawang merah dan bawang putih serta aroma daun jeruk plus daun kemanginya juaraaaaa banget. Sayangnya ini diblender sih kayaknya, teksturnya beda sama hasil ulekan. Personally sih saya lebih suka yang diulek karena berasa lebih otentik gitu.

Rica_Bledek_Ceker_Cepu

Secara keseluruhan… makan di Soto Gerabah ini mantap djiwaaaa. Bisa hemat dan makan enak heee… sekian review kali ini, semoga bermanfaat. Bisa mutual melalui twitter di @reni_triasari, IG @reni.triasari atau nonton video kuliner dan jalan-jalan via youtube di https://m.youtube.com/channel/UCdTqUQelj2E9NwY0urYUwuA

-Salam Makan Lemak-   

Asem-asem Daging Daun Kedondong Khas Cepu, Blora

Asem-asem

Kuliner satu ini seger banget. Rasanya ringan banget dan aromanya buat gak tahan untuk segera menyantapnya. Kalau di Cepu, kuliner ini jadi sarapan favorit nih… Intip resepnya yuk… #JelajahGizi.

Bahan:

  • 1 kg daging sapi
  • Air untuk merebus
  • 2 buah tomat merah
  • 3 buah tomat hijau
  • 12 buah cabai rawit
  • 2 lbr daun salam
  • 3 lbr daun jeruk
  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Daun kendondong (secukupnya)
  • Daun melinjo
  • 5 buah belimbing wuluh
  • 1 ruas lengkuas potong tipis
  • Gula (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)

Cara membuat:

  1. Potong daging sapi kecil-kecil
  2. Rebus dengan api kecil
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan 4 buah cabai rawit
  4. Potong-potong belimbing wuluh dan tomat, sisihkan
  5. Masukkan bumbu halus kedalam rebusan daging, tambahkan daun jeruk, daun salam, lengkuas, tomat, belimbing wuluh, daun kedondong dan cabai rawit utuh
  6. Rebus hingga daging empuk, terakhir tambahkan daun melinjo
  7. Asem daging segar pedas siap dinikmati

Enaknya Gak Bohong! Lontong Tunjang Khas Bengkulu

Lontong_Tunjang_Khas_Bengkulu

Tunjang? Yah.. Tunjang atau kikil ini adalah bagian kulit kenyal yang terdapat di kaki sapi. Bagian ini lembut banget dan pas dimakan itu langsung endes di mulut hemm… jadi laper haaaa.

Kali ini kita akan sarapan di kota Bengkulu tepatnya di Simpang Pagar Dewa, Kota Bengkulu. Disini ada tempat sarapan bernama Buffet Minang 2. Ada menu Nasi Goreng dan Lontong Tunjang yang favorit di tempat ini. Saya lebih merekomendasikan lontong tunjangnya sih…

Buffet_Minang2_Lontong_Tunjang_Bengkulu

Karena gak disemua tempat kita bisa nemuin makanan ini. Walaupun ini notabene rumah makan Padang, tetapi kuliner Lontong Tunjang ini menjadi bagian yang makin memperkaya kuliner di Bengkulu. FYI, budaya makan orang Bengkulu banyak dipengaruhi oleh kuliner Padang loh. Mungkin karena banyak orang Padang yang tinggal di kota ini. Mungkin yaaaa mungkin…. 😬

Lontong_Tunjang_Bengkulu_1

Pagi-pagi sarapan berat dan bersantan seperti ini sangat lumrah dilakoni orang Bengkulu. Porsinya juga ga main-main… Bisa dimakan berdua malah. Porsi makanan ini juga bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi para konsumen. Bagaimana dengan rasanya???

Ternyata rasanya…..

Emang enak sih menurut lidahku. Tunjangnya yang empuk dan kuah santannya yang kental berpadu dengan bumbu rempah dan gulai tunjang khas Padang itu “surga” ☺️

Surga kolesterol maksudnya haaaa… Tapi enak gimana dong? 😁

Berbeda rasanya dengan lontong sayur yang lain yang lebih condong ke kuah gulai sayur entah itu nangka, labu siam, buncis, atau kacang panjang, kuah lontong tunjang ini lebih berasa ke kuah tunjangnya yang berkaldu. Heeemm… Sedaphhh 😍

Sayur yang terdapat dalam kuahnya hanya potongan kecil nangka, selebihnya ya tunjang. Lontongnya juga ga keras guys, pas.

Sebagai taburan, ada bawang goreng dan kerupuk yang menambah crunchy sarapan berat ini.

Harganya berapa ya??? Dengan Rp. 15.000 kita bisa menikmati lezatnya lontong tunjang ini. Ane rasa harganya bersahabat dengan rasa dan keempukan tunjang serta gulainya yang “surga” banget.

Ga percaya?? KLIK nih videonya >> Enaknya Gak Bohong! Lontong Tunjang Khas Bengkulu

Selamat menikmati…. Jangan lupa makannya sesekali aja ya, sebulan dua kali cukup kali yaaaaa.

Tetap sarapan dan hidup sehat guys 😘

Tempat Nongkrong Asik di PIK

Gojira_Ice_Cream_Bars_and_Dine_PIK

Mencari kuliner di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) bukan sesuatu yang sulit. PIK itu ibaratnya surga kuliner, ada banyak tempat makan yang bertebaran di sepanjang PIK Boulevard.

Kali ini kita akan mampir ke GOJIRA Bars and Dine. Menu makanan disini cukup komplit mulai dari makanan pembuka (appetizers), makanan utama (main course) hingga makanan penutup (dessert). Tinggal pilih aja pokoknya.

Di Gojira PIK ini juga ada menu yang lagi happening sesuai dengan event yang lagi berlangsung. Misalnya waktu itu di bulan Desember saya nyobain menu khusus Gojira Snowing: Matcha Fruity Ice Cream. Secara di belahan dunia lain kan lagi musim Salju tuh… biar berasa di luar negeri haaa…

Matcha_Fruity_Ice_Cream_Gojira_PIK

Kali ini, saya nyicipin menu makanan utama atau main course nya nih, yaitu Nasi Goreng Jepang (Japanese Fried Rice) dan Burger Hitam (Black Burger) Spesial ala Gojira. Rasanya???

Japanese_Fried_Rice_Gojira_PIK

Tonton aja video reviewnya berikut guys…

Japanese Fried Rice and Black Burger at Gojira PIK

Matcha Fruity Ice Cream at Gojira PIK

 

Salam

Reni Triasari

IG: @reni.triasari | Twitter: @reni_triasari | Youtube: Reni Triasari

Review Teh Aba: Tempat Ngeteh dengan menu Timur Tengah di Palembang 

Nongkrong di warung kopi udah mainstream banget di kalangan anak muda. Nah… kali ini kita coba nongkrong di warung teh yuk.

Warung Teh Aba ini tempat nongkrong yang lagi hits loh di Palembang. Berada di jalan A.Rivai yang dekat dengan pusat kuliner, mall, dan bisnis di kota Palembang, warung teh ini menjadi salah satu tempat pilihan anak muda Palembang untuk sekedar ngobrol sambil menikmati makanan ringan.

Yang mau intip video review beberapa menu di Teh Aba. Cekidot…

https://youtu.be/xX71xnyrAXE

Konsep warung Teh Aba ini unik, mempertahankan bangunan kayu khas Palembang menjadikan warung ini sangat iconik ditengah konsep minimalis modern yang ditawarkan tempat makan lainnya. 

Menu yang ditawarkan pun unik, bukan hanya teh tapi juga cemilan bernuansa timur tengah menjadi menu andalannya. Teh nya pun ada yang disajikan dengan diseduh, atau teh yang dimix dengan sirup buah. Ada juga menu soklat (coklat) yang bisa disajikan hangat maupun dingin. 

Jangan takut bagi yang lidahnya Indonesia banget… nasi liwet ada juga kok disini. Harganya juga standar kok. Asik deh nongkrong di Teh Aba sore atau malam hari sambil menikmati semilir anginnya hemmm… patut dicoba.

Follow IG: @reni.triasari | Twitter: @reni_triasari

[Review]: Lontong Tunjang Uni Ros Bengkulu

Kental dan Gurihnya Lontong Tunjang Uni Ros

 

Wih… Tunjang 😄 mantep kan pagi-pagi udah sarapan ini guys. Mantep banget ga sehatnya wkwkwk 

Tapi gapapa deh sekali-kali makan beginian, asal jangan setiap hari aja ya. 

Kali ini review tentang sarapan pagi di Bengkulu: Lontong Tunjang Uni Ros. Budaya makan orang Bengkulu banyak dipengaruhi oleh kuliner Padang. Mungkin karena banyak orang Padang yang tinggal di kota ini. Mungkin yaaaa mungkin…. 😬

Pagi-pagi sarapan berat dan bersantan seperti ini sangat lumrah dilakoni orang Bengkulu. Porsinya juga ga main-main loh… Bisa dimakan berdua malah. Sama seperti porsi kwetiau jamur ala mie pangsit siantar yang super jumbo (yang pernah di review), ukuran banyaknya makanan juga menjadi nilai tambah tersendiri bagi para konsumen.

Lontong Tunjang Uni Ros ini punya beberapa cabang di kota Bengkulu. Di seputaran daerah Pagar Dewa aja ada dua, di Simpang KM.8 dekat pom Bensin arah lingkar barat juga ada. Biasanya kalo tempat makan yang banyak cabangnya itu enak ya, banyak dicari orang.

Ternyata rasanya…..

Emang enak sih menurut lidahku. Tunjangnya yang empuk dan kuah santannya yang kental berpadu dengan bumbu rempah dan gulai tunjang khas Padang itu “surga” ☺️

Surga kolesterol maksudnya haaaa… Tapi enak gimana dong? 😁

Berbeda rasanya dengan lontong sayur yang lain yang lebih condong ke kuah gulai sayur entah itu nangka, labu siam, buncis, atau kacang panjang, kuah lontong tunjang ini lebih berasa ke kuah tunjangnya yang berkaldu. Heeemm… Sedaphhh 😍

Sayur yang terdapat dalam kuahnya hanya potongan kecil nangka, selebihnya ya tunjang. Lontongnya juga ga keras guys, pas. 

Sebagai taburan, ada bawang goreng dan kerupuk yang menambah crunchy sarapan berat ini. 

Harganya berapa ya??? Dengan Rp. 13.000 kita bisa menikmati lezatnya lontong tunjang ini. Ane rasa harganya bersahabat dengan rasa dan keempukan tunjang serta gulainya yang “surga” banget.

Selamat menikmati…. Jangan lupa makannya sesekali aja ya, sebulan dua kali cukup kali yaaaaa.

Tetap sarapan dan hidup sehat guys 😘

The Fruit of The Angels

the fruit of the angels; papaya

Pepaya Lokal yang lezat dan kaya nutrisi

Apaan tuh judul? The fruit of the angels adalah julukan untuk pepaya (papaya), salah satu buahan tropis yang katanya jadi makanan favorit sang pelaut dan penjelajah dunia: Christopher Columbus.

Kenapa dijuluki the fruit of the angels?? Selain karena rasanya yang manis dan manfaatnya yang banyak, pepaya ini juga mampu menjadi pemicu untuk awet muda. Nah ini…. 😄 

Kenapa bisa buat awet muda? Kandungan pepaya yang kaya akan vitamin C, vitamin E, antioksidan, dan beta karotennya lah yang mampu membuat kita terlihat 5 tahun lebih muda 💃🏻

Berasal dari Meksiko, buah yang kaya manfaat ini kerap tidak disukai sebagian orang karena aroma dan teksturnya yang lembut jika dimakan dalam kondisi sangat matang. Padahal dibalik itu, manfaatnya sangat banyak loh guys. Yuk kita intip beberapa manfaat pepaya:

– Ingin diet dan menjaga bentuk tubuh? Pepaya kaya akan serat. Enzim dalam pepaya yang bernama “papain” mampu membantu pencernaan kita, sehingga bagus untuk menjaga bentuk tubuh. 

– Enzim papain ini juga bisa membantu meredakan sakit (kram) pada saat menstruasi yang sering dialamin para wanita. Papain membantu mempermudah pengeluaran darah kotor pada saat menstruasi.

– Kolesterol merupakan musuh dalam selimut yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan kematian mendadak. Nah… Pepaya ini sangat bersahabat untuk mencegah kolesterol. Baik untuk membersihkan usus kita yang banyak polusi dari makan- makan cepat saji dan tidak sehat. Kemampuan pepaya untuk membersihkan usus ini juga menjadikannya sebagai salah satu buah pencegah kanker usus (colon) dan prostat.

– Kandungan vitamin C nya yang tinggi loh guys, bahkan hingga 48 kali vitamin C pada apel. Jadi bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita (imunitas) bahkan hingga 200%. Cocok banget kita konsumsi pas saat musim pancaroba begini nih.

– Papaya is one of stress buster. Berdasarkan hasil studi, kandungan vitamin C dari pepaya mampu membuat mood kita lebih baik loh. Vitamin C mampu mengatur pelepasan hormon stress. So kalo lagi stress karena deadline kerjaan atau yang lain, pepaya bisa jadi cemilan yang mengurangi stress dan menyehatkan pastinya.

– Gula darah? Jangan takut. Pepaya ini low sugar content, buah yang pas untuk penderita diabetes atau buat anak muda yang ingin menjaga kesehatan.

– Kaya antioksidan dan vitamin A. Nah… Buat yang ingin awet muda, ini buah bagus banget untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Buat yang ingin menjaga kesehatan mata pun oke banget.

– Antioksidan, flavonoid dan fito nutrien yang terkandung pada buah pepaya mampu mencegah kanker. Kandungan-kandungan ini bisa mengurangi dan mencegah radikal bebas. 

– Sariawan atau kulit terbakar? Pepaya juga bisa jadi solusi jika sariawan melanda. Teksturnya yang lembut dan kandungan vitamin C nya bisa mengenyahkan sariawan. Atau jika dijadikan olesan pada kulit yang terbakar atau sebagai masker wajah mungkin?? Antioksidan dan vitamin C nya bisa menyembuhkan sekaligus menyehatkan.

Pepaya bukan buahan yang mahal bila dibandingkan dengan buahan impor dengan kandungan nutrisi selengkap ini. Ada banyak pepaya lokal yang dijual di pasaran. Yang menjadi primadona saat ini adalah Pepaya California. Pepaya yang merupakan varietas unggulan ini pun harganya bersahabat. FYI, pepaya california ini buah lokal loh. Dikembangkan oleh petani lokal dan sedang digalakkan oleh pemerintah. Namanya aja yang interlokal wkwkwk 😁

Hanya dengan Rp. 5000 hingga Rp. 6000 rupiah per kilonya kita bisa mendapatkan manfaat dan kelezatan dari buah Pepaya ini. 

Nikmat mana lagi yang kamu dustakan??? Tetap sehat dan cinta produk serta buahan lokal ya guys…. Alhamdulillah~ 😊

Go Pangan Lokal #BestLocally

[Review]: Ketika Bakso dan Kwetiau Meet Up #KulinerEnak

  

Judulnya asyik ya, Ketika Bakso dan Kwetiau Meet Up wkwkwk 😆 Emang asyik sih, seasyik menyantap kuliner yang akan kita bahas kali ini. Kali ini ane berada di Kota Bogor. Kota hujan yang pas banget buat kita makan bakso kenyal membal, kuah kaldunya bening, anget-anget terus dipakein sambel yang banyak hemm… Ga ada lawan deh nikmatnya.
Berlokasi di depan swalayan Naga, bakso ini dikenal dengan nama Bakso Naga. Swalayan Naga? Dipikir pada tau swalayan naga haaa… Maap maap pemirsa, untuk menuju swalayan Naga ini mudah kok. Simak nih yaaaa
Jika kita keluar dari stasiun Kereta Bogor (dari pintu depan), kita nyebrang melalui jembatan penyeberangan ke seberang jalan. Yaiyalah, masa seberang kali wkwkwk. Terus naik aja angkot yang melewati jalan Veteran, bisa naik angkot 03. Tanya dulu lewat swalayan Naga ga sm sopirnya. Terus duduk dengan tertib di dalam angkot. Akan banyak anak punk yang ngamen sebagai hiburan selingan di pintu angkot. 
Ga jauh sih, sekitar 5 menit (1 km) dari stasiun. Patokannya SMK Taruna Andigha (sekolahnya @dinaeight wkwk) maju dikit… Nyampe deh. Jangan lupa bayar angkotnya pas turun. Tahun 2015 ongkosnya sekitar Rp. 3500/orang.

Kalo masih bingung liat google maps ya, Ada location-nya Baso Naga 👌🏼

  

Tataplah kedepan terus liat ke kanan-kiri… Karena kita akan nyebrang nih. Lokasinya ada di seberang jalan. Bakso naga ini dijual pake gerobak, jadi berasanya memang makan bakso pinggir jalan tapi rasanya ga kalah sama bakso ala franchise ternama. Saatnya memesan bakso… 

Disini pilihan mienya selain mie putih sama mie kuning sebagai pendamping bakso, bisa juga kita pesan kwetiau sebagai jodohnya. That’s why i called: Ketika Bakso dan Kwetiau Meet Up 😜

 

Bakso Naga. Ketika Bakso dan Kwetiau Meet Up. Lokasi: Jl. Veteran Kota Bogor

 
Makan bakso pake kwetiau ini ane pikir cukup unik, karena di Pulau Sumatera dari lahir nih belum pernah nemuin makan bakso pake kwetiau. Kwetiau nya bisa kita pesan terpisah pula dengan baksonya. Jadi berasa makan semangkuk bakso+ semangkuk kwetiau. Kenyang pake banget pasti haaa. Jadi penasaran kan pengen nyobain makan bakso pake kwetiau?
Sekarang ane mau cerita tentang apa sih keistimewaan rasa dari bakso naga ini. 

1. Baksonya. Kenyal dan membal. Kayaknya buat baksonya pake mesin. Kelihatan dari alur adonannya yang kompak dan arah seratnya yang rapi jali. Bumbu baksonya juga pas, enak. Ga kayak bakso gerobak yang biasa dijual. 

2. Kuahnya. Kaldunya bening, berasa gurih dan segarnya. Ga berminyak lagi. Seger banget.

3. Sayurnya. Masukin Sayurnya ke kuah bakso pas banget. Masih kres kres pas dikunyah.

4. Sambelnya. Nah ini juga istimewa… Ditaruh di botol gede, sambelnya agak cair tapi pedesnya begh… Buat nagih.

5. Unik. Karena bisa pake kwetiau sebagai pendamping makan bakso. 

6. Murah. Bakso Naga ini rasanya bintang lima, harganya kaki lima 👍🏻 satu porsi bakso naga+kwetiau hanya Rp. 12.000 loh. Hematlah untuk semangkuk bakso+semangkuk kwetiau 😆
Di depan swalayan naga ini, ada beberapa kuliner lain. Untuk minum, ada es cendol Elizabeth yang dijual tepat di depan pintu masuk swalayan. Harga satu gelasnya Rp. 5000.
Dijamin abis makan bakso dan minum cendol ini, perut lapar jadi kenyang. Hati senang, dompet pun aman haaa… Selamat menikmati kuliner Indonesia 
Reviewed by: @reni_triasari 

Photo by: @dinaeight

Bingung Sarapan Sehat Apa? Ini Sarapan Praktis, Instan, dan Sehat

Bosen sarapan itu-itu aja? Coba kita intip menu sarapan kebanyakan: nasi goreng, roti, mie instan, nasi uduk, lontong sayur, nasi pake ceplok telor, sereal, bubur kacang ijo, sego pecel, nasi kucing, lontong nasi, arem-arem, pempek, gorengan??? Lah banyak tuh wkwkwk. Ga jadi bosen deh XD

Kebosanan itu wajar melanda kita pada saat hidup, bukan hanya saat sarapan. Kuncinya, butuh diversifikasi, kreatifitas dari apa yang kita jalani.

Jangan lupa, asas sehat dan bergizi sebisa mungkin jadi prioritas utama kita pada saat makan. Apalagi saat sarapan, dimana asupan energi untuk tubuh kita nih di awal hari guys. Penting banget.

Pastiin bangun tidur kita minum air putih sebanyak mungkin. Terus dijeda sebelum kita konsumsi yang lain. Makan buah dan segelas jus juga oke sebelum memulai sarapan.

Nah, salah satu alternatif sarapan sehat kita biasa menyantap sereal atau oat. Salah satu makanan instan yang kekinian adalah Oatmeal Muesli.

image

Kalo menurut saya, kenapa Oatmeal Muesli ini bisa jadi salah satu pilihan sarapan sehat karena variasi di dalamnya. Kita liat nih ada apa aja sih?

Ada rolled oat, choco chips, raisin, almond, dan sereal rasa coklat. Beragam dan menyehatkan dong yaaaa. Apalagi pada saat makannya ditambah susu cair. Hemm…

Porsinya yang pas untuk disantap memakai gelas juga cucok banget untuk sarapan di kantor. Ringkas, praktis, enak dan sehat pastinya.

So… Sarapan sehat untuk memulai hari yang indah. Jangan lupa doa agar makin berkah.

Selamat sarapan guys.

~@reni_triasari~