[Review]: Ketika Bakso dan Kwetiau Meet Up #KulinerEnak

  

Judulnya asyik ya, Ketika Bakso dan Kwetiau Meet Up wkwkwk 😆 Emang asyik sih, seasyik menyantap kuliner yang akan kita bahas kali ini. Kali ini ane berada di Kota Bogor. Kota hujan yang pas banget buat kita makan bakso kenyal membal, kuah kaldunya bening, anget-anget terus dipakein sambel yang banyak hemm… Ga ada lawan deh nikmatnya.
Berlokasi di depan swalayan Naga, bakso ini dikenal dengan nama Bakso Naga. Swalayan Naga? Dipikir pada tau swalayan naga haaa… Maap maap pemirsa, untuk menuju swalayan Naga ini mudah kok. Simak nih yaaaa
Jika kita keluar dari stasiun Kereta Bogor (dari pintu depan), kita nyebrang melalui jembatan penyeberangan ke seberang jalan. Yaiyalah, masa seberang kali wkwkwk. Terus naik aja angkot yang melewati jalan Veteran, bisa naik angkot 03. Tanya dulu lewat swalayan Naga ga sm sopirnya. Terus duduk dengan tertib di dalam angkot. Akan banyak anak punk yang ngamen sebagai hiburan selingan di pintu angkot. 
Ga jauh sih, sekitar 5 menit (1 km) dari stasiun. Patokannya SMK Taruna Andigha (sekolahnya @dinaeight wkwk) maju dikit… Nyampe deh. Jangan lupa bayar angkotnya pas turun. Tahun 2015 ongkosnya sekitar Rp. 3500/orang.

Kalo masih bingung liat google maps ya, Ada location-nya Baso Naga 👌🏼

  

Tataplah kedepan terus liat ke kanan-kiri… Karena kita akan nyebrang nih. Lokasinya ada di seberang jalan. Bakso naga ini dijual pake gerobak, jadi berasanya memang makan bakso pinggir jalan tapi rasanya ga kalah sama bakso ala franchise ternama. Saatnya memesan bakso… 

Disini pilihan mienya selain mie putih sama mie kuning sebagai pendamping bakso, bisa juga kita pesan kwetiau sebagai jodohnya. That’s why i called: Ketika Bakso dan Kwetiau Meet Up 😜

 

Bakso Naga. Ketika Bakso dan Kwetiau Meet Up. Lokasi: Jl. Veteran Kota Bogor

 
Makan bakso pake kwetiau ini ane pikir cukup unik, karena di Pulau Sumatera dari lahir nih belum pernah nemuin makan bakso pake kwetiau. Kwetiau nya bisa kita pesan terpisah pula dengan baksonya. Jadi berasa makan semangkuk bakso+ semangkuk kwetiau. Kenyang pake banget pasti haaa. Jadi penasaran kan pengen nyobain makan bakso pake kwetiau?
Sekarang ane mau cerita tentang apa sih keistimewaan rasa dari bakso naga ini. 

1. Baksonya. Kenyal dan membal. Kayaknya buat baksonya pake mesin. Kelihatan dari alur adonannya yang kompak dan arah seratnya yang rapi jali. Bumbu baksonya juga pas, enak. Ga kayak bakso gerobak yang biasa dijual. 

2. Kuahnya. Kaldunya bening, berasa gurih dan segarnya. Ga berminyak lagi. Seger banget.

3. Sayurnya. Masukin Sayurnya ke kuah bakso pas banget. Masih kres kres pas dikunyah.

4. Sambelnya. Nah ini juga istimewa… Ditaruh di botol gede, sambelnya agak cair tapi pedesnya begh… Buat nagih.

5. Unik. Karena bisa pake kwetiau sebagai pendamping makan bakso. 

6. Murah. Bakso Naga ini rasanya bintang lima, harganya kaki lima 👍🏻 satu porsi bakso naga+kwetiau hanya Rp. 12.000 loh. Hematlah untuk semangkuk bakso+semangkuk kwetiau 😆
Di depan swalayan naga ini, ada beberapa kuliner lain. Untuk minum, ada es cendol Elizabeth yang dijual tepat di depan pintu masuk swalayan. Harga satu gelasnya Rp. 5000.
Dijamin abis makan bakso dan minum cendol ini, perut lapar jadi kenyang. Hati senang, dompet pun aman haaa… Selamat menikmati kuliner Indonesia 
Reviewed by: @reni_triasari 

Photo by: @dinaeight

Bingung Sarapan Sehat Apa? Ini Sarapan Praktis, Instan, dan Sehat

Bosen sarapan itu-itu aja? Coba kita intip menu sarapan kebanyakan: nasi goreng, roti, mie instan, nasi uduk, lontong sayur, nasi pake ceplok telor, sereal, bubur kacang ijo, sego pecel, nasi kucing, lontong nasi, arem-arem, pempek, gorengan??? Lah banyak tuh wkwkwk. Ga jadi bosen deh XD

Kebosanan itu wajar melanda kita pada saat hidup, bukan hanya saat sarapan. Kuncinya, butuh diversifikasi, kreatifitas dari apa yang kita jalani.

Jangan lupa, asas sehat dan bergizi sebisa mungkin jadi prioritas utama kita pada saat makan. Apalagi saat sarapan, dimana asupan energi untuk tubuh kita nih di awal hari guys. Penting banget.

Pastiin bangun tidur kita minum air putih sebanyak mungkin. Terus dijeda sebelum kita konsumsi yang lain. Makan buah dan segelas jus juga oke sebelum memulai sarapan.

Nah, salah satu alternatif sarapan sehat kita biasa menyantap sereal atau oat. Salah satu makanan instan yang kekinian adalah Oatmeal Muesli.

image

Kalo menurut saya, kenapa Oatmeal Muesli ini bisa jadi salah satu pilihan sarapan sehat karena variasi di dalamnya. Kita liat nih ada apa aja sih?

Ada rolled oat, choco chips, raisin, almond, dan sereal rasa coklat. Beragam dan menyehatkan dong yaaaa. Apalagi pada saat makannya ditambah susu cair. Hemm…

Porsinya yang pas untuk disantap memakai gelas juga cucok banget untuk sarapan di kantor. Ringkas, praktis, enak dan sehat pastinya.

So… Sarapan sehat untuk memulai hari yang indah. Jangan lupa doa agar makin berkah.

Selamat sarapan guys.

~@reni_triasari~

[Review]: Kwetiau Jamur ala Mie Pangsit Siantar; Dobel Jamurnya Dobel Porsinya

  
Bingung ga baca judulnya? Ini mau review kwetiau apa mie pangsit sih? 😀 kalo bingung, silahkan pegangan dulu deh 

Review kali ini akan dibahas salah satu tempat makan mie yang cukup ternama di kota Bengkulu. Nama tempat makannya adalah “Mie Pangsit Siantar”. Lokasinya cukup strategis karena berada di pinggir jalan raya, tepatnya sebelum simpang empat Pagar Dewa. Dari pusat kota hanya butuh waktu sekitar 30 menit jika ingin mencicipi kuliner satu ini. 

 

 

Disini, hidangan yang ditawarkan cukup beragam. Yang menjadi favorit pastinya Mie Pangsitnya, makanya tempat makan ini dikasih nama Mie Pangsit Siantar. Dengan harga hanya Rp. 13.000 untuk satu mangkuk Mie, wajar kalau kalau Mie Pangsit enak ini menjadi buruan para pembeli.

Selain mie, disini kita juga bisa makan “berat” loh guys. Menu-menu seperti udang, ayam, ikan, capcay, kangkung, dan teman-temannya ada juga disini. Minumannya juga standar, ada jus, teh, minuman botol yaaa gitu deh.

Kali ini, saya tertarik mencicipi kwetiau nih. Menu kwetiaunya ada kwetiau kuah, goreng, kwetiau pangsit, kwetiau jamur, tapi sayangnya ga ada kwetiau seafood. Jatuhlah pilihan sama kwetiau jamur. Oke… Pesanan sedang di proses, kita minum teh dulu sembari ngobrol.

Tehnya pake teh melati, cuma gulanya agak banyak. Kalo temen-temen kesini, jangan lupa bilang tehnya jangan terlalu manis ya. Pesanan dateng nih… Eh ternyata mie pangsit pesanan temen wkwkwk. Lumayan lama nunggu kwetiauw jamurnya dimasak. Padahal mie pangsit temen aku udah mau habis loh 😆 

Berpikir positif aja kalo kwetiau jamurnya spesial, karena nunggunya aja sekitar 15 menit lah. Eng ing eng… Si mbak pelayan senyum-senyum ga keenakan nganterin pesanan, mungkin dia tau kelamaan masaknya haaaa. Lets eat… Itadakimasu 🍜

Wihhh ternyata porsinya double man, JUMBO haaa… Untuk dimakan tiga orang juga bisa nih satu mangkok 😄

Kwetiau nya terendam sama kuah pekat nan kental berwarna coklat gelap dan segala isian kwetiaunya. Prediksi awal sih kwetiau jamurnya pake jamur Tiram, secara di Bengkulu banyak yang usaha jamur Tiram. Pas diliat, wih jamurnya double dan bukan tiram. Jamur yang dipake di kwetiau ini adalah jamur Shitake dan jamur Merang.
  

Duo jamur ini ga sendirian, mereka ditemani juga dengan irisan daging ayam, bakso ikan, udang satu ekor dan sawi manis. Yang jadi kejutan dalam hidangan ini adalah irisan kecil cabe rawit yang cukup membuat kaget ketika kita makan 👅

Kwetiau nya sendiri ga bgitu banyak, irisannya ga begitu lebar dan ga bgitu tebal. Teksturnya lembut, malahan lebih lembut dari kwetiau yang biasa dimakan. Tinggal seruput terus nyes ditenggorokan. Selera saya sih, lebih suka kwetiau yang agak kenyal sedikit biar ada sensasi tersendiri pas menguyah.

Soal rasa kuahnya… Enak. Pas gitu rasanya. Pengaruh “duo jamur” juga makin menegaskan rasa sedap pada kuah kwetiau. Dalam dunia kuliner, jamur dikenal sebagai salah satu penguat rasa alami pada makanan. Sekarang pun banyak dijual bubuk penyedap yang terbuat dari jamur. Bubuk ini dapat digunakan sebagai alternatif alami pengganti MSG yang biasa dipakai di masyarakat. Kapan-kapan saya bahas ya di blog ini. Keep reading aja pokoknya 😁

Finally, jika ingin mencicipi mie atau kwetiau yang enak di Bengkulu… Mie Pangsit Siantar saya rekomendasikan menjadi salah satu tempat untuk dikunjungi. Lokasi strategis, harga terjangkau, tempat makannya juga lumayan nyaman seperti kedai makan biasanya. Yang paling utama… Rasanya nendang guys.

Tetap hidup sehat supaya bisa icip-icip 😉

~ Reviewed by: @reni_triasari~

Cepu-Kudus 07092012: Robotika (3)

Alhamdulillah… sejenak memejamkan mata, langsung disambut oleh gapura besar dengan tulisan “Selamat Datang di Kudus-Kota Kretek” *tebar bunga* ha… @kinalJKT48 kaliii…. [maaf, wota-nya keluar].  Setelah gapura itu berlalu, kamipun disuguhi dengan bangunan beberapa pabrik rokok merek ternama di Indonesia.

Ada satu bangunan tua di pojokan lampu merah yang menarik perhatianku (sayang lupa difoto), yaitu bangunan dengan tulisan “Djamboe Bol” dan gambar jambu bol yang sangat akrab di mataku dari saat aku masih bocah. Mungkin bisa kali ya dibuat kisah bocah penjual rokok halahhh… #gagalfokus.

Melewati jalan di Kudus sepintas jika dibandingkan dengan Blora tadi, kota ini terlihat lebih besar, kondisi perekonomian masyarakatnya lebih hidup, infrastrukturnya lebih tertata dan lebih modern. Pukul 07.50 WIB kami tiba di Alun-alun kota Kudus. Seperti Alun-alun di Jawa pada umumnya, ada mesjid, pusat pemerintahan, dan ditengahnya ada lapangan besar tempat orang berkumpul.

“Tempat acarane dimana mbak?”, tegas pak sopir. Setelah itu terdengar suara “tuk…”, seperti suara sesuatu yang terantuk pikirku. Ternyata ketegasan suara pak sopir membangunkan temanku asal Kebumen dari tidur panjangnya hii…. Semoga gak benjol dia XD

“ Jadi keinget balada mahasiswa UNSRI layo yang entah berapa kali kepala para mahasiswa sering terantuk jendela (termasuk aku) selama duduk satu jam di bis mahasiswa. Untung selama ini belum pernah kudengar catatan medis bahwa ada mahasiswa UNSRI yang kepalanya bocor gara-gara terantuk ke jendela kikikk…kikikk…. Pantesan wong Palembang terkenal keras kepala kali ya ha… ups… SARA gak yaa???  *kasi tau ga ya???*”

Setelah terbangun, temanku bilang, “Sempet ya pak kita sarapan dulu?”. “Ya boleh”, kata si bapak. Ya iyalah… hanya orang (beriman) puasa yang nolak diajak makan. Berhentilah mobil kami didepan KFC Alun-alun dengan bahagia. Setelah turun dari mobil, akupun langsung memesan sarapan. “Pak, bubur ayamnya 3 mangkok sama teh anget manis ya. Makan ditempat”. Lo kok berhenti di KFC bukannya mesen ayam malah mesen bubur?? Ye…pada protes, kami kan makan bubur ayam gerobak yang lokasinya tepat… sekali di dekat pintu masuk KFC ha… Strategi tukang buburnya berhasil, #gagalfokus ke KFC malah beralih ke buryam pinggir jalan. Hidup pedagang Indonesia !! *semangat48* [maaf, wota-nya keluar].

Menimati sarapan Bubur Ayam di sebelah timur Alun-alun Kota Kudus, Jawa Tengah (07/09)

Rasa bubur ayamnya lumayan enak, pake kacang kedelai, kerupuk, bawang goreng, suwiran ayam dan  cakwe. Bisa dijadikan alternatif sarapan jalanan kalau mampir ke Kudus, selain tempatnya yang pas di timur alun-alun, tempat nongkrongnya jg dekat dengan pos polisi, jadi relatif aman. Apa coba…  Tetapi kalau menurutku sih viskositas buburnya terlalu kental, sehingga agak mengurangi kesegaran kuah ayamnya yang berwarna kuning. Kalo ini serius, karena dulu sempat mengenyam kuliah di Teknologi Hasil Pertanian dan konsen di bagian kualitas dan gizi bahan pangan.

Strategi penjual yang sukses dengan berjualan di depan KFC Alun-alun Kudus, Jawa Tengah (07/09)

Setelah meneguk tetes terakhir teh wangi khas Kudus, kamipun melanjutkan pencarian ke tempat acara pelatihan. Pencarian?? Ya, betul. Karena sejujurnya kami tidak tahu dimana persisnya lokasi SDIT Al-Islam Kudus yang menjadi tuan rumah perhelatan pelatihan Robotika tersebut. Informasi yang didapat, hanya: ada di dekat Alun-alun. Selebihnya, sesuai feeling dan kreatifitas Anda ha…

Setelah bertanya ke 3 toko dan satu orang yang sedang berfoto di depan kantor walikota Kudus, akhirnya kami menemukan tempat acara tersebut. Sebenarnya sih tidak terlalu dekat dengan alun-alun, tapi lumayanlah untuk dijadikan titik acuan awal pencarian. Pukul 08.05 WIB kami menginjakkan kaki di SDIT Al-Islam Kudus dan langsung disambut dengan hangat oleh pihak keamanan sekolah. Dengan seragam hitam dan suara berwibawa mereka bertanya, “Peserta Pelatihan Robotika bu??”. Ya ujar kami serempak *sok kompak*. “Silahkan ke ruangan sebelah sini bu”, antar mereka dengan sopan… [bersambung]

Lontong Opor Kapuan

Lontong Opor Kapuan

Wah…ngeliat gambar sajian yang satu ini memang bisa membuat air liur kita berproduksi. Ukuran lontong yang besar, kuah opor yang berlinang, cabe rawit segar, serta ayam kampung beserta jerohan nya benar-benar bisa membuat kita tidak tahan untuk segera melahapnya. Jika kawan-kawan ada yang sedang mampir di kota Cepu, Blora, Jawa Tengah, tidak ada salahnya menyantap kuliner khas satu ini

Lontong Opor Kapuan namanya. Eitts…jangan buru-buru baca doa untuk menyantap kuliner khas Cepu satu ini. Ibarat kata pepatah bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian, begitulah kurang lebih pengorbanan yang kita lakukan untuk mendapatkan kentalnya kuah opor ini. Pengorbanannya seperti:

#1. Jarak yang lumayan jauh untuk mencapai lokasi tempat makan.

Jika ditempuh dari pusat kota Cepu (daerah pasar), waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 40 menit menggunakan kendaraan roda dua dengan kecepatan speedometer rata-rata 60 km/jam.

#2. Terik matahari

Bisa dikatakan untuk menuju tempat makan ini kanan-kiri nya berupa hamparan sawah. Otomatis, panas adalah teman kita selama dalam perjalanan. Tapi hijaunya sawah bisa menjadi penghipur lara dari padatnya aktifitas kita selama bekerja. Di beberapa titik juga ada sedikit jalanan yang rusak.

#3. Rela antri

Jangan heran jika sesampainya ditempat makan, ternyata tempatnya hanya warung kecil nan sederhana. Tetapi lihat kendaraan yang parkir disana. Wah banyak sekali mobil-mobil yang berasal dari luar kota hanya untuk mencicipi kuliner khas Kapuan, Cepu ini. Sedangkan didalam warung tersebut hanya tersedia kurang lebih 8 meja panjang dengan kursi panjang di kanan-kirinya. Hayooo…otomatis harus antri kan ya??

Malahan waktu itu pernah warung tersebut kedatangan satu kompi tentara yang baru habis selesai latihan. Wahh…bisa dibayangin kan ya gimana kondisi warung kecil itu?? Ha.. sampe sang bendahara mereka rela menghabiskan uang sekitar 1,5 juta demi melahap sajian istimewa khas Kapuan Cepu ini.

Ada tiga tips yang bisa dipraktekkan demi kenyamanan kita sebagai pelanggan:

#1. SMS atau telepon pihak warung makan sekitar jam 9 pagi

Agar tidak kehabisan stok lontong opor, disarankan menelepon atau sms terlebih dahulu ke warung ini. Ngubunginnya sepagi mungkin, soalnya orang-orang yang akan makan disini biasanya melakukan sistem booking sama dengan kita.

#2. Datang lebih awal atau akhir

Pukul 11 mungkin waktu yang ideal untuk berada di tempat ini. Supaya kita gak harus nunggu orang lain selesai makan he… atau sekalian datang jam 13.30. Tapi konfirmasi dulu sama pihak Kapuan agar pesanan kita gak diganggu gugat sama pelanggan lain.

#3. Naik Kendaraan Roda Dua lebih oke

Kenapa lebih disarankan naik roda dua? Karena lokasinya di pinggir jalan, otomatis tempat parkir menjadi alasan tersendiri bagi pelanggan. Untuk markir motor aja terbatas jumlahnya. Lebar jalan yang kecil juga menjadi alasan mengapa lebih disarankan naik kendaraan roda dua.

Oke, sekian dan terimakasih. Semoga kawan2 bisa menikmati juga sensasi lontong kapuan dan alam yang menghijau di sekitarnya. Pokoke ndesooo tenan 🙂