Carilah Sahabat Setia

Syaikh DR. Sulaiman Ar-Ruhaili Hafidzahullahu :

Diantara ucapan hikmah Imam Syafi’i rahimahullah adalah ucapan beliau :

“Selayaknya bagi seseorang untuk berantusias dalam mencari sahabat yang setia dan jujur. Sebagaimana dia berantusias dalam mencari orang yang amanah dan terpercaya dalam menyimpan barang titipannya..”

Ini adalah landasan penting sekali dalam mencari sahabat.
Ketika engkau memiliki sahabat maka engkau memberitahukan kepadanya apa yang ada dalam dirimu dan engkau mengabarkan kepadanya tentang privasimu serta engkau mendekatkan dirinya kepadamu.

Maka selayaknya engkau memilih dari orang-orang yang setia dan jujur. Karena sahabat yang setia seandainya terjadi sesuatu (perselisihan) antara dirimu dengannya, maka dia akan menutupi apa yang dia ketahui tentang dirimu.

Adapun sahabat yang tidak setia meskipun engkau bersahabat dengannya bertahun-tahun dan dia mengetahui rahasia-rahasiamu lebih dari keluargamu sendiri maka ketika terjadi sesuatu antara dirimu dan dengannya maka dia akan menyebarkan rahasia-rahasiamu.

Hal ini sangat menonjol di zaman now terutama dengan adanya media sosial.

Sahabat yang baik dia akan setia kepadamu. Jika dia melihat darimu sesuatu yang jelek/salah darimu maka dia akan menasihatimu dan memberitahukannya kepada dirimu.

Adapun sahabat yang kadzdzab/pendusta (serigala berbulu domba) maka dia tampakkan yang manis-manis kepadamu padahal dibalik itu dia berbuat jelek kepadamu.

Inilah hikmah yang selayaknya kita pegang erat dengan gigi geraham kita.

Semoga kita bukan bersahabat yang hanya berkumpul sesekali utk bercerita kesana kemari, ketawa haha hihi tetapi lebih dari itu saling mengingatkan dalam kebenaran, saling menyemangati dalam perbaikan, berlomba dalam kebaikan, sehingga kita akan di kumpulkan sebaik baik tempat berkumpul… di syurga Nya kelak. Aamiin

Taken from ig ihsanridwan

Iklan

Lost and Disappointed

Kau tau arti kehilangan?

Hampa…

.

Kau tau arti dikecewakan?

Sakit…

.

Bayangkan ketika kehilangan dan kekecewaan hadir di saat bersamaan? Ya… hampa berbalut sakit. Mungkin bukan pertama, tapi ketika sumbernya lebih banyak menggores ingatan dengan semua hal yang menguras emosi baik ataupun buruk… bisa dipastikan dampaknya pasti lebih dalam. Sakitnya, hampanya.

Memori dan deja vu pada tempat, alunan musik, dan semua hal yang pernah ada. Makin terasa hampa, sakit, menekan, lalu mengendap…

Kali ini akan kupastikan semua usai. Tidak akan kembali bahkan mengenyahkan harapan untuk kembali.

Agar tidak kembali hampa.

Agar tidak kembali sakit.

Cukup sekadarnya…

#PrayForBantendanLamsel

Semoga Allah memberikan kekuatan bagi para korban. Segera ditemukan bagi korban yang belum ditemukan. Dan diberikan tempat terbaik bagi korban yang meninggal dunia. Aamiin 🙏🏼

Palembang, 24/12/2018

Bapernya Princess Mera – Aquaman buat Curcol

Sometimes you have to do the right thing. Even your heart says no. (Princess Mera)

Sudah nonton Tukang Galon alias Aquaman belom? Kalo belom buruan nonton deh… you will find another side of DC’s film. Not so dark, but so rich. Bayangin itu film settingnya ada di dasar lautan sampe di padang pasir. Itu rich yang pertama. Yang kedua, rich dari sisi kekayaan hati. Ada part dalam diri Arthur (Aquaman) yang menunjukkan kebersihan hati seorang half blood. Dimana dia yang merupakan titisan King of Atlantis (calon raja dong yaaa) yang mempunyai sisi humanis karena bokapnya seorang manusia biasa, penjaga mercusuar. Jadi promo film nih hhaaa… Bagi pecinta komik DC sih mungkin udah khatam tentang kisah Aquaman. Overall kalo dibuat rating sih saya beri 9/10 nih 👍🏼

Mari kita kembali ke quotes nya Princess Mera yang cerdas, cantik dan baik hati. One day dia yang akan jadi Ratu atau Istrinya si Raja Atlantis baru; Arthur (eaaaa tulisannya mengandung spoiler 😂)

Jadi Princess Mera bilang hal ini ke Arthur pas lagi di pesawat. Di pesawat? Kok ga di dalem lautan? Gini nih… Ceritanya pas Arthur lagi bertarung dengan adik tirinya; Orm untuk memperebutkan tahta King of Atlantis… Princess Mera yang notabene tunangannya Orm ini nyelamatin Arthur. Kala itu Arthur terdesak dan trisula warisan Ibunya (Queen of Atlantis Atlanna) udah berhasil dipatahkan Orm. Tinggal dihabisin aja tuh si Arthur sama Orm… tapi Princess Mera nyelamatin Arthur pake pesawatnya walau konsekuensinya dia harus bertaruh nyawa dan rela kehilangan rumah serta orang-orang yang dicintainya.

Konsekuensi ini harus dihadapi oleh Princess Mera karena dia telah berani campur tangan pada saat pertarungan terjadi. Padahal peraturannya, pertarungan “Ring of Fire” harus diselesaikan hidup atau mati oleh kedua petarung.

Hal ini berarti membuat dia melawan peraturan kerajaan Atlantis, jadi auto penghianat dong dia hiks… FYI bisa dibuat judul sinetron ala Indo nih: Cantik-cantik Penghianat haaa

Konsekuensi menyedihkan inilah yang membuat Princess Mera baper dan bilang:

“Sometimes you have to do the right thing. Even your heart says no”

Terjemah bebasnya kira-kira gini:

“Terkadang kamu harus melakukan hal yang benar. Walau hati kamu mengatakan tidak”

Princess Mera tau dia harus mengambil konsekuensi itu walau bakal dicap sebagai penghianat. Tetapi dia melakukannya untuk sesuatu yang benar dan seharusnya. Padahal dia juga ga mau. Tapi ga ada pilihan…

FYI, Orm ini adiknya Arthur dari Bokap yang beda (adik tiri). Arthur bokapnya manusia, Orm bokapnya turunan kaum terpandang di Kerajaan Atlantis. Orm tinggal di Atlantis dan Arthur di daratan. Ceritanya Queen Atlanna, nyokapnya Arthur dulu mau dijodohkan sm Bokapnya Orm. Tapi Queen Atlanna ga mau, larilah dia ke permukaan dan dikejar-kejar sama para prajurit Kerajaan. Dia tertembak lalu terdampar di karang… terhempas… lalu berdarah 😂

Nah takdirnya dia diketemukan oleh seorang penjaga mercusuar yang baik hati. Dirawatlah ia dengan penuh rasa cinta dan akhirnya mereka jatuh cinta. Yaiyalah jatuh cinta… cuma berduaan doang di mercusuar dengan pemandangan romantis, diiringi suara hempasan air laut memecah batu karang dan percikan air laut yang menyegarkan wkwkwk. Mana Queen Atlenna ini cantiknya macem bidadari ya Allah mana bodinya atletis 😍 Dari hasil romantisme ini lahirlah Arthur si baik hati, a half blood prince.

Lalu ga lama setelah itu, Queen Atlanna dijemput paksa oleh para prajurit Atlantis untuk kembali ke Kerajaan dan menikah dengan laki-laki terpandang yang dijodohkan sebelumnya. Dari pernikahan ini lahirlah Orm. Lelaki kuat dengan ambisi kebablasan dan dikuasain hasrat negatif ingin menjadi King of Atlantis, walau harus membunuh dan berperang. Ga peduli perang sesama kerajaan di laut bahkan menyerang daratan (manusia di bumi) untuk menunjukkan super power of Atlantis Kingdom.

Orm yang ambisius ini, jika diangkat resmi sebagai King of Atlantis, dianggap bakal membuat perang antara lautan dan daratan tak terelakkan. Inilah yang membuat perdana menteri Vulko (pelatih laga Arthur) dan Princess Mera gerah. Mereka harus menghentikan Orm, dan satu-satunya cara adalah dengan menjemput Arthur (anak sulung Queen Atlanna) di daratan untuk datang ke kerajaan Atlantis dan mengambil hak-nya menjadi penerus tahta menggantikan posisi Orm. Tapi Arthur butuh Trisula-nya King of Atlantis yang berada di “suatu tempat rahasia” yang harus mereka temukan dengan memecahkan beberapa petunjuk.

Gerakan bawah tanahnya Vulko dan Princess Mera ini membuat mereka dianggap penghianat. Princess Mera harus berani mengambil konsekuensi ini karena tidak ada pilihan lain. Dia harus menyelamatkan kaum Atlantis dan juga penduduk daratan (manusia di bumi). Dia harus menghentikan Orm agar serangan terhadap daratan dihentikan. Walau dia harus mengorbankan nyawa dan ga bakal balik lagi melihat orang-orang yang dicintanya di Atlantis.

“Sometimes you have to do the right thing. Even your heart says no”

Mungkin kita pernah ngalamin hal yang sama dengan Princess Mera. Harus melakukan hal benar sekalipun hatimu menolaknya. Karena terkadang hati tak rela untuk meninggalkan, kehilangan orang yang kita sayangi dan cintai… tapi kita harus. Karena apa yang kita lakukan itu benar.

Yah… emang berat sih. Berat banget. Meninggalkan orang yang kita sayangi, yang kita peduli, tapi jika memang itu benar dan terbaik yaaaa just do it. Lakuin aja walau berat. Rindu sih pasti, karena rasa emang bisa hilang tapi memori tak akan pernah lekang… malah curcol bwambaaaangggg~ haaaaa

Untuk kamu yang pernah menjejak di memoriku…

“Terkadang kamu harus melakukan hal yang benar. Walau hati kamu mengatakan tidak”

Semoga kamu mengerti dan bahagia dengan pilihan hati.

Palembang, 16 Desember 2018

Keep A Distance

Terkadang jarak mengajarkan arti merindukan

Terkadang jarak juga mengajarkan arti melupakan

Ketika jarak bukan hanya dalam satuan ukuran

Ketika jarak bermakna lebih dari itu

Bukan jauh

Bukan pula dekat

Tetapi…

Jarak adalah ruang kosong yang sengaja ditinggalkan dan kau tidak tau kapan akan kembali

Just keep a distance to make you comfortable

– Lampung, 6/10/2018 –

Sebenarnya Sendiri

Terkadang manusia merasakan ketidakadilan dalam hidup. Ia melakukan sebisa apapun untuk Ia Ia yang lain…

Jebakan logika dan perasaan akan ada tatkala tiada satu ini di dalamnya. Satu yang bisa menjungkirbalikkan logika dan perasaan menjadi kenyataan. 

Kenyataan yang tidak bisa diterima nalar. Tapi itu ada.

Satu itu adalah… ikhlas. 

Karena apa-apa yang Ia lakukan seyogyanya hanya untuk Ia. Bukan untuk Ia Ia yang lain. 

***

Sebenarnya sendiri…

Ketika memberi

Maknanya sendiri…

Ketika berbagi

Buahnya sendiri…

Ketika mengasihi

Memberi, berbagi, mengasihi…

Wujudnya semata untuk diri

Ya… Hanya sendiri

Bengkulu, 15 Oktober 2016

GreenMagenta

Filosofi Bambu dalam hidup kita

Pohon bambu tidak akan menunjukkan pertumbuhan berarti selama 5 tahun pertama.

Walaupun setiap hari disiram & dipupuk, tumbuhnya hanya beberapa puluh centimeter saja.

Namun setelah 5 tahun kemudian, pertumbuhan pohon bambu sangat dahsyat dan ukuran nya tidak lagi centimeter melainkan meter.

Sebetulnya apa yang terjadi pada sebuah pohon bambu…?

Ternyata, selama 5 tahun pertama, ia mengalami pertumbuhan dahsyat pada akar, dan bukan pada batang.

Pohon bambu sedang mempersiapkan pondasi yang sangat kuat, agar ia bisa menopang ketinggian nya yang ber-puluh2 meter kelak kemudian hari.

Moral of The Story
Jika kita mengalami suatu hambatan & kegagalan, bukan berarti kita tidak mengalami perkembangan…justru kita sedang mengalami pertumbuhan yang luar biasa didalam diri kita.

Ketika kita lelah & hampir menyerah dalam menghadapi kerasnya kehidupan, jangan pupus harapan…

“The hardest part of a rocket to reach orbit is to get through the earth’s gravity”

“Bagian terberat agar sebuah roket mencapai orbit adalah saat melalui gravitasi bumi”

Jika kita perhatikan, bagian peralatan pendukung terbesar yang dibawa oleh sebuah roket adalah jet pendorong untuk melewati atmosphere & gravitasi bumi.

Setelah roket melewati atmosphere, jet pendorong akan dilepas & roket akan terbang dengan bahan bakar minimum pada ruang angkasa tanpa bobot, melayang ringan & tanpa usaha keras.

Demikian pula dengan manusia, bagian terberat dari sebuah kesuksesan adalah disaat awal seseorang MEMULAI USAHA dari sebuah perjuangan.

Segala sesuatu terasa begitu berat dan PENUH TEKANAN…

Namun bila ia dapat melewati batas tertentu, sesungguhnya seseorang dapat merasakan segala kemudahan & kebebasan dari tekanan & beban.

Namun sayangnya, banyak orang yang MENYERAH disaat tekanan & beban dirasakan terlalu berat, bagai sebuah roket yang gagal menembus atmosphere.

Buya Hamka berkata: “Kalau hidup sekedar hidup, babi dihutan juga hidup. Kalau kerja sekedar kerja, kera juga bekerja”

Ketika pohon bambu ditiup angin kencang, dia akan merunduk. 

Setelah angin berlalu, dia akan tegak kembali.

Seperti perjalanan hidup seorang manusia, tak lepas dari cobaan dan rintangan…

Jadilah seperti pohon bambu…!!!

Fleksibilitas pohon bambu mengajarkan kita sikap hidup yang berpijak pada keteguhan hati dalam menjalani hidup, walaupun badai & topan menerpa.

Tidak ada kata menyerah untuk terus tumbuh, tidak ada alasan untuk terpendam dalam keterbatasan, karena bagaimanapun pertumbuhan demi pertumbuhan harus diawali dari kemampuan untuk mempertahankan diri dalam kondisi yang paling sulit sekalipun.

Pastikan dalam tahun-tahun mendatang, hidup kita akan MENJULANG TINGGI dan menjadi PEMBERI BERKAH bagi sesama…seperti halnya pohon Bambu… 

[Inspiring]: Life is not a sprint, it’s a marathon.

  

WE TRAIN OUR CHILDREN FOR THE JOBS THAT DON’T EXIST YET NOW

-BUILDING LEARNING AGILITY FOR OUR NEXT GENERATION

(Kita mendidik anak-anak kita untuk pekerjaan yang sekarang belum ada).

Kadang-kadang saya cemburu dengan kakak-kakak saya. Mereka semua menjadi dokter. Dan saya masih ingat betapa mudahnya mereka menjelaskan pekerjaan mereka ke nenek saya di Magetan.

Saya memulai karier saya sebagai “artifical intelligence programmer”.

Dan bayangkan bagaimana saya harus menjelaskan apa yang saya lakukan kepada nenek saya atau orang tua saya ketika mereka bertanya,”Gaweyanmu ke apa?” (What do you do for living?).

But perhaps this is life. Hidup berganti begitu cepat, bisnis is changing also so fast. Dan species yang paling sukses bukanlah yang paling kuat atau paling cerdas, tapi yang mampu beadaptasi dengan perubahan.

A lot of jobs we do now, did not even exist some years ago.

Banyak pekerjaan yang kita lakukan sekarang, memang belum ada pada jaman dulu.

Saya yakin pekerjaan seperti digital advertising, social media recruiter, actuaria, underwritter, big data analyst belum ada pada jaman orang tua kita (atau bahkan pada saat kakak-kakak kita belanja di Aldiron Plaza).

Dan kesimpulan yang sama bisa kita tarik bahwa job yang akan dilakukan anak anak kita nanti belum ada pada hari ini.

We dont even know the job that they will do in the future after they graduate fron their university.

Padahal mereka harus kita didik, kita latih, kita educate sekarang. 
Jadi bagaimana dong?
Ada 3 hal yang bisa

PERTAMA, Watch, read, observe and learn:

Pelajari apa trend yang akan terjadi di masa depan: 

1.a) Globalisasi

Think Global Act Global. 

Dunia sudah semakin kecil dan semakin sempit.

People will be connected with anyone, anywhere at any time.

People want to actively contribute in global initiative.

1.b) Urbanisasi

Kita tidak bisa menghindar dari kenyataan bahwa people will move to big cities (unfortunately), and modern lifestyle will continue to dominate the world.

1.c) Digitalisasi.

Everything will go digital: sales, marketing, e-commerce, banking, e-government.

They will be everywhere.

You have only 2 choices. D or D. Digitalize your self or Die.

1.d) Weconomy.

(Dari kata we dan econom)

Dengan terbukanya pasar global, global funding dan crowd funding akan mendominasi bisnis di masa depan.

1.e) Betterness

Di masa depan bisnis akan jauh lebih memikirkan bukan hanya pada short term profit (ehm..ehm… quarterly earning).

Semua bisnis akan memikirkn aspek sosial responsibility, environmental friendly, apa yang bisa mereka lakukan untuk berbuat baik kepada masyarakat dan bagaimana mereka berkontribusi untuk mewariskan bumi yang lebih hijau dan lebih baik ke generasi penerus kita

KEDUA,  Passion and Hardwork. 

Motivasi, dorong dan beri semangat ke mereka untuk belajarkeras dan bekerja keras. Agar mereka berprestasi semaksimal mungkin.

They still have to be the best in what they do.

The competition will be more difficult.

There is no choice, they have to:

– have passion, enjoy what they do

– work smarter and harder

– be open mind and continuously learn

KETIGA, Building Learning Agility.

Membentuk minat dan kemampuan untuk mempelajari hal hal yang baru.
Apapun yang mereka pelajari di sekolah dan universitas hanya mempersiapkan mereka untuk menyerap knowledge dan memecahkan masalah. Tetapi contentnya sendiri akan terus berubah.
Itulah mengapa saya merecruit Management Associates di perusahaan saya sekarang. Dan ternyata mereka berprestasi dengan sangat baik meskipun mereka bukan lulusan ekonomin atau akunting. Mereka ada yang lulusan teknik mesin, micro biology …dll. Yang penting adalah bagaimana mereka mempunyai learning agility.

Kemampuan ini bisa dibentuk dengan cara:
– Expose to different things.

Daripada liburan ke Bali atau Sinagapore (atau ke US) tiap tahun, kenapa tidak ke Ujung Kulon, ke Badui, ke Vietnam, Mongolia, Mumbai, Manila.

It may not be fun. But you will expose them to different culture, language and places.
– Encourage them to learn at least 3 languages. Language skills will be important.
– Encourage them to learn a new hobby… music, aikido, pencak silat, polo air, rugby ….
– Encouge them to learn to take risk 
– Teach them to be open mind and accept different view/perspective on anything
– Continously ask them to get out of the comfort zone
– test their ability to handle difficult challenge/situation in their life.

TERAKHIR, train them to enjoy life.

Ajak mereka menikmati hidup.
Life is fun. Dari kecil ajak mereka melakukan hal hal yang mereka suka.
Mereka harus tahu.
Life is not a sprint. Life is a marathon. 
Hidup adalah perjalanan panjang. Jaga stamina. Istirahat. Minum air. And enjoy your journey …..

Kita coba yuk?
Semoga dengan melakukan ini kita bisa mendidik generasi berikut yang lebih baik,  untuk masa depan Indonesia yang lebih cemerlang.

By the way, the title is about our children. 
But I am sure you understand that the concepts that we share could also be applicable to our team, and ourselves.

Warm Regards

Indonesia harus lebih baik

*) Tulisan dari Pak Pambudi (VP HR Citibank) 

Renungan kecil sebelum berucap

image

Kita hidup di masa dimana kata-kata kotor dengan mudah diucapkan diruang publik, berseliweran di media sosial. Kata-kata yang dulu tabu atau sangat memalukan jika kita lontarkan di muka umum.

Ya… Semua dimulai dari diri kita. Jadilah pribadi lebih santun.

Ini bukan menyangkut diri sendiri. Ketika kita dengan gampang menghujat, berkata yang tak pantas di muka umum…

Bagaimanakah dengan orang-orang di sekitar kita? Tak malukah kita dengan orang tua kita?

Atau kita yang akan menua akan rela anak-anak kita bermental penghujat? Pendamprat? Dengan mudah berkata kotor kepada orang lain terlebih di ruang publik?

Semua tergantung kita. Dimulai dari kita, dan saat ini juga…

Renungan kecil bagi kita semua sebelum berucap:

Ketika seseorang tidak cukup cerdas dalam mengekspresikan rasa frustasi mereka, mereka menggunakan kata-kata kotor.

Itu adalah kata-kata yang menggambarkan kurangnya kecerdasan (seseorang).

Manusia yang cerdas tidak akan menggunakan kata-kata kotor, karena mereka menganggap hal itu menghina kecerdasan mereka.

-Nourman Ali Khan-

#AyoLebihBaik