Asem-asem Daging Daun Kedondong Khas Cepu, Blora

Asem-asem

Kuliner satu ini seger banget. Rasanya ringan banget dan aromanya buat gak tahan untuk segera menyantapnya. Kalau di Cepu, kuliner ini jadi sarapan favorit nih… Intip resepnya yuk… #JelajahGizi.

Bahan:

  • 1 kg daging sapi
  • Air untuk merebus
  • 2 buah tomat merah
  • 3 buah tomat hijau
  • 12 buah cabai rawit
  • 2 lbr daun salam
  • 3 lbr daun jeruk
  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Daun kendondong (secukupnya)
  • Daun melinjo
  • 5 buah belimbing wuluh
  • 1 ruas lengkuas potong tipis
  • Gula (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)

Cara membuat:

  1. Potong daging sapi kecil-kecil
  2. Rebus dengan api kecil
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan 4 buah cabai rawit
  4. Potong-potong belimbing wuluh dan tomat, sisihkan
  5. Masukkan bumbu halus kedalam rebusan daging, tambahkan daun jeruk, daun salam, lengkuas, tomat, belimbing wuluh, daun kedondong dan cabai rawit utuh
  6. Rebus hingga daging empuk, terakhir tambahkan daun melinjo
  7. Asem daging segar pedas siap dinikmati
Iklan

Bingung Sarapan Sehat Apa? Ini Sarapan Praktis, Instan, dan Sehat

Bosen sarapan itu-itu aja? Coba kita intip menu sarapan kebanyakan: nasi goreng, roti, mie instan, nasi uduk, lontong sayur, nasi pake ceplok telor, sereal, bubur kacang ijo, sego pecel, nasi kucing, lontong nasi, arem-arem, pempek, gorengan??? Lah banyak tuh wkwkwk. Ga jadi bosen deh XD

Kebosanan itu wajar melanda kita pada saat hidup, bukan hanya saat sarapan. Kuncinya, butuh diversifikasi, kreatifitas dari apa yang kita jalani.

Jangan lupa, asas sehat dan bergizi sebisa mungkin jadi prioritas utama kita pada saat makan. Apalagi saat sarapan, dimana asupan energi untuk tubuh kita nih di awal hari guys. Penting banget.

Pastiin bangun tidur kita minum air putih sebanyak mungkin. Terus dijeda sebelum kita konsumsi yang lain. Makan buah dan segelas jus juga oke sebelum memulai sarapan.

Nah, salah satu alternatif sarapan sehat kita biasa menyantap sereal atau oat. Salah satu makanan instan yang kekinian adalah Oatmeal Muesli.

image

Kalo menurut saya, kenapa Oatmeal Muesli ini bisa jadi salah satu pilihan sarapan sehat karena variasi di dalamnya. Kita liat nih ada apa aja sih?

Ada rolled oat, choco chips, raisin, almond, dan sereal rasa coklat. Beragam dan menyehatkan dong yaaaa. Apalagi pada saat makannya ditambah susu cair. Hemm…

Porsinya yang pas untuk disantap memakai gelas juga cucok banget untuk sarapan di kantor. Ringkas, praktis, enak dan sehat pastinya.

So… Sarapan sehat untuk memulai hari yang indah. Jangan lupa doa agar makin berkah.

Selamat sarapan guys.

~@reni_triasari~